Stimulasi Tepat Untuk Anak Belajar Berjalan

Loading...

Setiap anak dilahirkan dengan keistimewaan masing-masing, hal ini juga sangat berpengaruh dalam tumbuh kembangnya. Bagi Anda para orang tua yang mempunyai batita tentunya khawatir jika anak Anda belum dapat berjalan pada umur tertentu. Memang ada beberapa penyebab balita sulit berjalan. Namun, pada setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, idealnya anak bisa berjalan pada usia 1,5 tahun atau kurang lebih 18 bulan, namun disarankan bagi Anda apabila anak sudah melewati umur itu dan belum bisa berjalan sebaiknya Anda mengkonsultasikannya ke dokter agar cepat diketahui apa penyebabnya.

Stimulasi Tepat Untuk Anak Belajar Berjalan

Meski begitu, secara umum , anak usia 12 bulan harusnya mampu belajar berjalan beberapa saat tanpa bantuan. Pada usia 12-18 bulan harus bisa berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat ke perabotan di rumah, berjalan 1 atau 3 langkah tanpa bantuan, berjalan 10-15 menit tanpa bantuan.

Berikut beberapa stimulasi saat anak belajar berjalan :

Eksplore
Izinkan anak Anda untuk bereksplorasi ke segala penjuru rumah. Jika anak anda mulai merambat atau merangkak ke bagian rumah yang lain sebaiknya Anda hanya megawasinya tanpa selalu melarangnya dengan cara ini anak akan melatih kemampuan motoriknya.

Jangan terlalu sering mengendong
Usahakan melepas anak Anda dari gendongan sesering mungkin, sehingga otot kakinya lebih lincah bergerak untuk berjalan.

Jalan-jalan
Ajak anak berjalan-jalan sore atau pagi. Bila kemampuannya masih sangat kurang, orangtua bisa melakukannya sambil menatih anak.

Buat tempat bermain
Sediakan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, secara tak langsung anak berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Atau bisa juga dengan menyediakan hang bar layaknya yang ada di pusat-pusat terapi. Intinya ada satu benda kokoh yang dapat digunakan untuk berpegangan saat keseimbangannya masih belum sempurna.

Jauhkan benda berbahaya
Singkirkan benda pecah belah/pajangan kaca dari jangkauan anak. Dengan begitu, belajar berjalan dapat dilakukan dengan aman,jangan meletakan benda yang bisa membuatnya tersandung saat berjalan. Apalagi saat berjalannya belum mantap.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =

%d bloggers like this: