Gejala Baby Blues Syndrome

Loading...

Banyak wanita yang merasakan hilangnya rasa senang setelah beberapa hari melahirkan hal ini akan membuat Anda dipenuhi rasa sedih dan khawatir yang berlebih. Kondisi ini lebih dikenal dengan baby blues syndrome. Baby blues syindrome biasa dikenal dengan Postpartum Distress Syndrome adalah suatu kondisi yang menimbulkan perasaan sedih berlebihan yang biasanya dialami oleh wanita paska melahirkan, kondisi ini biasanya paling lama berlangsung selama 2 minggu namun bila kondisi ini dialami lebih dari 2 minggu, maka baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter, karena di khawatirkan mengalami Postpartum Depression.

Gejala Baby Blues Syndrome

Hormon adalah salah satu penyebab wanita mengalami hal ini, pada masa kehamilan wanita akan banyak mengalami perubahan baik fisik ataupun psikis. Perubahan yang drastis akan mempengaruhi perasaan wanita yang baru saja melewati masa kehamilan. Penurunan secara drastis kadar hormon estrogen dan progesteron yang di produksi oleh kelenjar tiroid akan menyebabkan Anda sering mengalami rasa lelah, depresi dan penurunan mood. Perubahan pola hidup ini juga dapat menjadi faktor utama terjadinya depresi setelah melahirkan. Selain itu kecemasan yang menghantui, kecemasan akan masa depan anak, kecemasan apakah mampu atau tidaknya membesarkan anak dengan baik, dan kecemasan lainnya yang menghantui Anda juga bisa memicu baby blues syndrome.

Berikut ini adalah beberapa gejala baby blues syndrome :
• Rasa sedih dan depresi memenuhi perasaan Anda hingga menyebabkan Anda sering menangis
• Emosi sangat labil, mudah marah, gampang tersinggung dan sering hilang rasa sabarnya.
• Kerap kali Anda merasa kelelahan dan sering dihinggapi sakit kepala
• Sering merasa kurang percaya diri
• Sering mengalami rasa cemas
• Mengalami kesulitan dalam berisitirahat atau susah tidur
• Sering mengalami rasa takut akan berbagai hal

Baby Blues Syndrome memang bisa dikatakan gejala yang pasca melahirkan. Namun kondisi tersebut cukup menyiksa. Oleh karena itu di perlukan berbagai hal untuk menghindari atau meminimalisir kondisi akibat baby blues synrome tersebut.

Agar terhindar dari syndrome ini sebaiknya Anda melakukan persiapan sebelum melahirkan. Persiapan disini bisa meliputi persiapan fisik maupun persiapan mental. Apabila Anda sudah memiliki persiapan dalam menghadapi kelahiran maka Anda bisa menghindari hal ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − eight =

%d bloggers like this: