Gejala Cacingan Pada Anak

Loading...

Cacingan sendiri adalah penyakit yang sering dianggap remeh oleh para orang tua, namun sebenarnya penyakit ini cukup membayakan dan bisa menurunkan tingkat kesehatan dari anak Anda. Penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan akibat cacingan antara lain, lemas, ngantuk, malas beraktivitas, anemia dan juga menyebabkan IQ menurun. Gejala dari penyakit ini juga masih sulit dideteksi jika jumlah cacing yang berada dalam tubuh masih sedikit.

Cacing masuk ke dalam tubuh anak dengan cara yang beraneka ragam. Cacing gelang contohnya akan bersarang di dalam tubuh dengan jumlah telur 100.000 sampai dengan 200.000/ hari dan biasanya masuk melalui makanan yang anak makan. Untuk jenis cacing cambuk telur yang bersarang di dalam tubuh anak akan sebanyak 3000 sampai dengan 6000 dan waktu 2 sampai 6 minggu dan juga biasanya masuk melalui makanan.

Gejala Cacingan Pada Anak

Sedangkan untuk cacing tambang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan juga kulit, dengan jumlah telur yang bersarang pada tubuh anak sekitar 9000 dan waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, rentan bagi mereka terkena penyakit cacingan jika tinggal di lingkungan yang tidak bersih. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui gejala penyakit cacingan, agar anak Anda bisa segera mendapatkan pertolongan dan cacing tidak terlalu lama bersarang.

Apa saja gejala cacingan itu :

1. Anemia
Penyebab anemia pada anak bisa juga disebabkan oleh cacingan karena darah yang berada di dalam tubuh anak akan dihisap oleh cacing. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencari referensi untuk mengatasi dan mencegah anemia pada anak.

2. Kekurangan Gizi
Asupan makanan ke dalam tubuh anak juga menjadi berkurang karena sebagian nutrisi dan gizi telah diserap dan menjadi makanan bagi cacing. Menyebabkan tubuh anak mengalami penurunan berat badan.

3. Batuk
Jika anak terinfeksi cacingan bisa jadi anak mengidap batuk yang tak kunjung sembuh yang biasanya disebabkan karena cacing bisa saja bersarang pada paru-paru.

4. Sakit pada perut
Cacingan juga bisa menyebabkan diare ini dikarenakan cacing bersarang pada usus anak Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menekankan cara hidup sehat kepada anak Anda dan juga orang-orang di lingkungan sekitar Anda. Kebanyakan dari cacing hidup ditanah maka sebaiknya Anda melarang anak Anda untuk bermain tanah, karena cacing-cacing akan hidup di kuku yang kotor.

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kebersihan kuku anak Anda, dengan cara memotong dan membersihkannya secara rutin akan menjauhkan dari infeksi penyakit cacingan. Dan juga disarankan untuk minum secara teratur obat cacing tiap 6 bulan sekali. Gejala awal cacingan sangat sulit dideteksi maka dari itu sebaiknya selalu hidup sehat dan minum obat secara teratur agar bebas dari penyakit ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 2 =

%d bloggers like this: