6 Tips Agar Melahirkan Secara Normal

Loading...

Hamil kemudian melahirkan adalah suatu proses yang umumnya sangat dinantikan oleh kebanyakan wanita, namun pada masa menjelang persalinan umumnya kecemasan meningkat, ini dikarenakan membayangkan rasa sakit setelah proses persalinan tersebut. Walaupun di zaman ini metode untuk melahirkan sangat banyak pilihannya.

Tips Agar Melahirkan Secara Normal

Saat bayi lahir dapat menggunakan metode lahir secara normal (apabila tidak terdapat kelainan) atau dengan operasi caesar. Melahirkan secara normal lebih dipilih karena memungkin anda untuk memperkecil resiko melahirkan sehingga proses pemulihan kesehatan Anda lebih cepat daripada menggunakan proses caesar.

Berikut adalah tips yang bisa anda pelajari agar bayi lahir secara normal :

1. Kelas ibu hamil
Kelas bagi ibu hamil adalah suatu kelompok belajar yang diperuntukan untuk wanita yang sedang hamil kelas ini berisikan tentang keluhan selama menjalani kehamilan, perawatan yang akan dilalukan pasca melahirkan dan berbagai hal yang berhubungan dengan masa nifas dan berbagai macam alat kontrasepsi. Dengan berbagi pengalaman akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalani trimester terakhir. Jika kondisi psikis Anda tenang maka akan membuka lebih besar peluang untuk melahirkan secara normal.

2. Layanan Kesehatan
Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan wanita hamil contonya saja usia pada saat Anda hamil, riwayat kesehatan. Anda dapat berkonsultasi secara rutin mengenai persalinan yang Anda inginkan. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari keluarga dan rekan mengenai informasi. Penyedia layanan kesehatan seperti bidan, dokter ahli kebidanan dan kandungan, dokter ahli fetomaternal.

3. Kenaikan Berat Badan
Mengatur kenaikan berat badan sangatlah penting bagi wanita yang sedang hamil, pengaturan berat badan bisa Anda dapatken dengan cara mengatur asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan selama pertumbuhan janin. Biasanya kenaikan berat badan pada trimester pertama relatif lebih rendah, kenaikan yang cukup tinggi akan dialamin pada trimester kedua atau ketiga. Selama kehamilan biasanya kenaikan berat badan berkisar antara 10 kg sampai 15 kg.

4. Kelahiran Normal
Jika Anda menginginkan kelahiran secara normal ada baiknya jika Anda memperisapkan segala sesuatu yang akan memudahkan persalinan normal. Contonya saja melakukan gerakan-gerakan yang mendukung agar melahirkan secara normal menjadi mudah. Selain itu naik turun tangga adalah salah satu gerakan yang disarankan untuk mendapatkan persalinan normal walaupun demikian Anda harus dapat mengatur intensitas,jangan Anda melakukannya terlalu sering dan harus berhati-hati ketika melakukannya. Hal ini untuk memudahkan janin untuk berada di posisi kelahiran.

5. Energi Ekstra
Persalinan normal sangat membutuhkan banyak energi baiknya jika Anda sebelumnya berkonsultasi dengan pakar kesehatan terlebih dahulu ini sangatlah penting agar proses melahirkan berjalan dengan lancar. Hal ini berhubungan dengan kenaikan berat badan yang ideal selama kehamilan, sehingga dapat menimalisir kemungkinan berat badan yang berlebih tetapi tetap mendapatkan energi ekstra menjelang persalinan normal.

6. Rileks
Sebuah kolam renang, mengompres menggunakan air hangat adalah alat yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu Anda bersantai. Selain itu Anda juga dapat menenangkan diri dengan cara mengatur pernafasan, bermeditasi, berjalan kaki, mengubah posisi, mendengarkan musik dan melakukan pijatan-pijatan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 17 =

%d bloggers like this: