4 Zat Penting Untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Loading...

Bagi Anda para orang tua pastinya menginginkan anak yang memiliki tinggi tubuh ideal. Tinggi badan yang ideal juga dapat menjadi penunjang segala kegiatan anak dan juga meningkatkan rasa percaya diri dari anak itu sendiri. Tulang akan secara permanen mengalami berhenti bertumbuh ketika usia sekitar 16 sapai 18 tahun. Tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa pertumbuhan tulang akan berhenti pada usia 21 tahun. Biasanya semua ini bergantung dari makanan yang anak konsumsi. Zat yang terkandung pada makanan sangat menentukan pertumbuhan tulang.

Zat Penting Untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasan zat penting untuk menambah tinggi badan anak dibawah ini :

1. Kalsium
Kalsium merupakan zat nutrisi utama yang diperlukan dalam pertumbuhan tulang agar dapat kuat dan tumbuh dengan maksimal. Anak yang banyak mengkonsumsi kalsium akan mendapatkan pertumbuhan tinggi badan lebih baik dibanding mereka yang tidak mendapatkan kalsium yang cukup. Makanan yang banyak mengandung zat kalsium ini dalah susu dan turunannya serta ikan seperti ikan teri. Banyak mengonsumsi yogurt dan keju merupakan solusi bagi anak agar tulangnya dapat berkembang maksimal. Buah-buahan juga ada yang mengandung banyak kalsium seperti pisang, apel, nanas, mangga, alpukat. Sedangkan diantara sayuran yang kaya akan kalsium adalah bayam.

2. Protein
Zat lain yang diperlukan untuk tumbuh tinggi adalah protein. Protein memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan agar tubuh menjadi tinggi secara maksimal. Ini karena protein mempunyai fungsi yang dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak dan menyediakan sel-sel tubuh baru sehingga tubuh dapat berkembang secara maksimal. Protein banyak terdapat dalam makanan seperti : susu, keju, kacang hijau, ayam, oatmeal. Protein juga banyak terdapat dalam telur, daging, ikan dan kacang-kacangan

3. Mineral
Zat lain yang membantu pertumbuhan tubuh agar tinggi adalah mineral. Mineral dibutuhkan tubuh untuk membantu perkembangan tulang serta memperlancar peredaran darah. Mineral-mineral penting yang terdapat dalam sayuran dan buah yaitu biasanya terdapat pada kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu kuning, kacang-kacangan, pisang, anggur, dan lain sebagainya. Sedangkan mineral juga ditemui di hati, daging ayam, tiram, havermut dan lain-lain

4. Vitamin
Golongan vitamin yang baik untuk pertumbuhan tulang sehingga anak bisa tinggi adalah vitamin A dan D. Makanan yang banyak mengandung vitamin A dan D adalah kuning telur, paprika merah, cod liver oil, telur dan ikan.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

%d bloggers like this: