Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Loading...

Saat berlibur sungguh sangat menyenangkan bila Anda dan keluarga melakukan liburan dan berkunjung ke tempat-tempat yang mempunyai keindahan alam,tetapi tidak sedikit dari Anda yang melakukan perjalanan yang jauh. Perjalanan jauh, pergantian lingkungan, alat transportasi yang digunakan, dan cuaca dapat menyebabkan anak kelelahan dan juga membuat daya tahan tubuh anak menurun. Saat perjalanan mudik anak dapat mengalami kondisi sakit, seperti demam, muntah karena mabuk perjalanan, diare, batuk, dan pilek.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan anak saat melakukan perjalanan jauh :

Kenyamanan
Transportasi menjadi bagian yang paling penting saat melakukan perjalanan jauh, bagi Anda pastikan selalu kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi yang baik dan bisa dipakai dalam berkendara dengan jarak yang jauh. Diusahakan Anda beristirahat di rest area setiap 2-3 jam sekali agar anak dapat beristirahat, makan dengan nyaman, menghirup udara segar, dan menggerakkan tubuhnya. Bila Anda pergi menggukan transportasi umum usahakan anak di atas usia 3 tahun mendapat tiket / tempat duduk sendiri di pesawat, kereta api, maupun bis. Tidak disarankan membawa anak menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan roda dua.

Pemenuhan nutrisi
Bila Anda turut serta mengajak anak balita, Anda harus ekstra memperhatikan asupan nutrisinya agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga. Bila Anda membawa bayi sebaiknya memberikan ASI yang cukup,bila Anda membawa anak yang lebih besar sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan dari makanan tersebut dan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang masih fres atau baru dimasak. Mencuci tangan sebelum makan harus dilakukan untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh anak, selain itu usahakan untuk tidak membeli jajanan sembarangan.

Kebersihan tubuh dan lingkungan
Anda tentunya mengetahui bahwa anak -anak sangat aktif bergerak. Tentu ini menyebabkan anak lebih mudah berkeringat dan menjadikan tubuhnya lebih cepat kotor. Sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti untuk anak -anak, apabila bajunya sudah kotor dan basah usahakan untuk secepatnya mengganti. Bagi balita atau bayi yang menggunkan diapers dianjurkan untik mengganti setiap 3 sampai 4 jam 1 kali. Selalu mencuci tangan setelah membersikan anak Anda agar terhindar dari kuman dan juga disarankan untuk selalu menyediakan cairan antiseptik karena di tempat tujuan Anda tidak mengetahui kualitas airnya.

Obat-obatan dan perlengkapan kesehatan
Pastinya selama menempuh perjalanan jauh, anak Anda dapat mengalami demam, batuk, pilek, diare, dan muntah. Orang tua harus menyiapkan kotak P3K yang berisi obat-obatan untuk pertolongan pertama
Antipiretik : parasetamol atau ibuprofen dapat diberikan bila anak demam. Sebaiknya Anda membawa juga thermometer untuk mengukur suhu anak. Selain pemberian obat, disarankan untuk memberikan minum lebih banyak kepada anak Anda.

Diare : Jika diare terjadi pada anak berikan oralit atau larutan gula garam. Berikan pula makanan yang mudah untuk dicerna.

Mual dan muntah : Jika anak Anda memang sering mengalami mabuk kendaraan, sebelum berpergian dengan jarak yang jauh Anda dapat memberikan terlebih dahulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Jika anak Anda muntah di perjalanan, obat-obatan seperti domperidon atau ondansetron dapat membantu mengurangi rasa mual . Usahakan berikan minum jika kondisi anak telah membaik.

Batuk / pilek : Anda juga bisa memberikan obat-obatan untuk mengurangi gejala, seperti mukolitik, dekongestan,dan anti alergi.

Gejala pada kulit : Anda perlu mempersiapkan juga obat-obat topikal seperti salep untuk mengurangi rasa gatal / alergi, bedak dingin atau bedak salisil, maupun obat anti alergi yang diminum

Obat-obat untuk merawat luka : betadine, rivanol, plester, kain kasa, kapas, alkohol dan gel atau salep untuk luka bakar.

Jika anak sedang dalam pengobatan untuk kondisi tertentu (epilepsy, asma, tuberculosis), jangan lupa bawalah selalu obat-obatan yang rutin diminum. Sebelum berpergian jarak jauh sebaiknya melakukan check up ke dokter.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 7 =

%d bloggers like this: