Penyakit yang Sering Diderita Ibu Hamil

Loading...

Kehamilan menjadi salah satu keinginan setiap wanita. Wanita yang disebut sempurna biasanya yang sudah menjalani proses ini, maka dari itu banyak wanita yang sangat mendambahan proses ini setelah menikah.

Penyakit yang Sering Diderita Ibu Hamil

Namun beberapa wanita kurang beruntung tidak bisa merasakannya dengan berbagai alasan medis. Hamil adalah sebuah anugerah yang paling indah diberikan oleh Tuhan pada umat-Nya, akan tetapi di balik itu, semua orang tahu bahwa 9 bulan proses kehamilan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak gangguan yang harus dialami oleh para wanita dimulai dari awal masa kehamilan hingga proses melahirkan. Tidak hanya asma saja yang sering dialami para wanita hamil, namun banyak hal lainnya yang sering dialami.

Nah, apa saja sih gangguan yang sering dialami oleh para ibu hamil? Mari kita simak dalam ulasannya berikut ini :

Morning Sickness
Yang paling umum terjadi adalah Morning Sickness, penyakit ini biasanya menyerang pada awal masa kehamilan dengan ditandai dengan lemas, pusing serta mual. Itu dikarenakan hormon yang beradaptasi dengan proses kehamilan yang meningkat dari hari ke hari. Namun kadar mual tiap wanita hamil berbeda dan hanya terjadi di pagi hari, selanjutnya Anda bisa melakukan aktifitas seperti biasa.Namun, ada juga wanita hamil yang mengalami muntah yang berlebihan hingga akhirnya menyebabkan dehidrasi dan membutuhkan perawatan lebih intensif.

Pendarahan
Hal ini terjadi mungkin karena aktifitas berat pada fisik yang terlalu banyak dan kelelahan dibarengi dengan kondisi tubuh yang lemah. Biasanya pendarahan memang terjadi pada awal kehamilan namun bila pendarahan berlangsung lama dan terus menerus dibarengi dengan rasa sakit sebaiknya segera mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan agar bisa diketahui sejak dini apa yang menjadi penyebabnya untuk kemudian diberikan penanganan medis yang tepat agar tidak membahayakan janin.

Hyperemesis Gravida
Penyakit ini sama seperti morning sickness namun lebih parah biasanya pada wanita hamil yang mengalaminya akan melakukan perawatan intensif di rumah sakit. Bukan hanya muntah dan mual tapi juga disertai penurunan nafsu makan ini menyebabkan ibu hamil akan mengalami dehidrasi dan membuat sangat lemas. Bila berlangsung lama kondisi ini akan membahayakan janin, karena itulah harus dilakukan perawatan secara intensif oleh dokter agar si ibu bisa kembali segar dengan janin yang sehat dan terus tumbuh dengan baik.

Keguguran
Ini yang paling ditakutkan dari wanita hamil, janin yang keluar dari rahim bisa di akibatkan karena banyak faktor, misalnya karena obat – obatan yang di konsumsi, benturan, rahim yang lemah ataupun kurangnya asupan nutrisi. Sebaiknya selalu menjaga dan memperhatikan apa yang Anda konsumsi dan juga tidak melakukan aktifitas pekerjaan yang terlalu berat agar tidak membahayakan Anda dan janin yang Anda kandung.

Polihydramnions
Kondisi ini adalah dimana air ketuban yang Anda miliki berlebihan sehingga menggangu perkembangan janin yang Anda kandung.

Pre-eclampsia
Yaitu penyakit kehamilan yang ditandai dengan hipertensi dan proteinuria (kelebihan protein di dalam urin) pada wanita hamil. Efek selanjutanya yang paling parah bisa membuat keguguran kandungan.

Hemoroid/ambeien
Yaitu kondisi sakit di lubang anus akibat pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Hal ini terjadi akibat pertumbuhan janin di dalam rahim yang menekan dan mempersempit pembuluh darah tubuh bagian bawah.

Heartburn
Penyakit ini disebabkan oleh kondisi hormon saat kehamilan dan juga karena makanan yang Anda konsumsi, gejala nya dada yang seperti terbakar karena asam lambung naik ke tenggorokan.

Susah Tidur
Selama kehamilan Anda akan mengalami susah tidur ini di akibatkan karena metabolisme menjadi cepat dan hormon juga melimpah di dalam tubuh.

Sering Buang Air Kecil
Hal ini karena metabolisme ginjal yang cepat dan juga karena tertekannya kantung kemih oleh rahim yang terus membesar. Akibatnya kantung kemih cepat terisi.

Anemia
Hal ini disebabkan karena volume darah yang menuruh secara drastis tanpa adanya peningkatan sel darah merah dari asupan yang Anda konsumsi. Ini menyebabkan Anda menjadi mudah lesu.

Diabetes Gestasional
Diabetes yang terjadi pada wanita hamil biasanya hanya bersifat sementara lalu setelah melahirkan akan kembali normal seperti biasanya, penyebabnya karena hormon yang terdapat pada plasenta janin menganggu produksi insulin Anda.

Itulah beberapa di antaranya penyakit ibu hamil yang sering terjadi. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat namun jangan sampai Anda merasa takut untuk hamil

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + twenty =

%d bloggers like this: