Tips & Trik Agar Anak Cepat Membaca

Loading...

Banyak dari Anda yang menginkan buah hati cepat dalam belajar, apapun kegiatan yang anak Anda pelajari pastinya sangat membanggakan jika mereka mempelajarinya dengan mudah. Namun tidak jarang Anda menemukan kendala dalam mengajarinya. Contonya saja belajar membaca, umumnya anak-anak memang lebih memilih untuk bermain daripada harus belajar membaca. Untuk itu Anda memang harus mengajarinya dengan sabar dan mengetahui dengan tepat langkah agar anak suka membaca.

Tips & Trik Agar Anak Cepat Membaca

Salah satunya Anda harus membuat kegiatan ini menyenanangkan, jangan sampai anak jenuh, ini bisa menghilangkan mood belajarnya. Usahakan Anda tidak terlalu berlebihan memberikan tes kepada mereka. Lalu jangan Anda terlalu memaksa mereka lebih baik menundanya beberapa saat agar anak kembali mau belajar.

Berikut ini adalah beberapa tips & trik agar anak cepat membaca :

Buat beberapa kata
Buatlah beberapa kata yang dapat dibagi menjadi beberapa set category dan dibentuk dalam kartu yang terbuat dari karton dan spidol berwarna. Tulislah kategory tersebut menggunakan spidol berwarna agar lebih menarik dan buat beberapa kata yang telah dibagi menjadi beberapa set category contohnya 3 set category 1, category 2. dan category 3.

Mulai dari nama
Contohnya, tuliskan nama-nama anggota keluarga di set 1 (ibu, ayah, nenek, kakek, tante) dan di set 2 atur dengan nama buah (jambu, pisang, durian, jeruk, dan apel), dan category 3 tuliskan dengan nama binatang seperti (Angsa, Kambing, Kuda, kelinci, dan gajah).

Memilih
– Suruh anak Anda mengambil kartu yang paling depan didalam tumpukan pertama category A.
– Kemudian Anda bacakan secara perlahan dan ajaklah anak Anda untuk ikut menirukannya. Ingat, Anda tidak harus menjelaskan apa arti yang sedang dibaca olehnya tidak boleh lebih dari 2 detik.
– Setelah itu Anda bisa mengambil kartu dari bagian belakang kartu dan lakukan seperti cara pertama.
– Sebaiknya Anda memperhatikan wajah anak saat menebak sebuah kata, perhatikan kata yang sangat disukai dan yang kurang disukai anak Anda.
– Tidak perlu menyuruh anak untuk mengulangi kata-kata yang telah dibacanya.
– Jika sudah membaca beberapa kata, hentikan pelajaran, lalu cium dan peluk anak Anda dan berilah pujian untuk menunjukkan bahwa Anda sangat bangga terhadap anak yang mau belajar.

Selingi dengan pelajaran lain
Untuk hari pertama, lakukan cara diatas dibagian category 1 maksimal 3 kali 5. Untuk hari ke-2 dengan cara yang dilakukan seperti ini category 1 = 3x, category 2 = 3x 6. untuk hari ke-3 tes semua kategori seperti contoh category 1 = 3x, category 2 = 3x, dan category 3 = 3x. Untuk hari-hari selanjutnya lakukan seperti cara di hari ketiga. Dari setiap kata yang dibaca baiknya ulangi beberapa kali. Jika anak Anda sudah betul, ubah kata-katanya. Contohnya jika telah hari ke-6 ambil satu kata dari semua category dan ubah dengan kata yang baru. Setelah satu kategori yang Anda baca selesai baiknya langsung di acak kembali, ini dilakukan agar anak tak bisa menebak kata yang berurutan. Jangan mengulangi kata yang telah Anda bacakan, agar Anda tidak keliru saat menandai semua kata yang sudah dibaca. Gunakan tanda untuk setiap kata yang sudah dibaca. Tanda ini juga berfungsi untuk patokan supaya Anda tahu kalau kata tersebut sudah berapa kali dibaca.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + four =

%d bloggers like this: