5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menganti Popok Bayi

Loading...

Mungkin bagi Anda menganti popok bukanlah satu pekerjaan yang ringan. Walaupun di zaman ini sudah sangat banyak produk popok bayi yang lebih praktis dan mudah digunakan, tetapi bila bayi Anda sedang rewel dan tidak mau diam tentu saja ini akan membuat Anda sedikit kewalahan.
Tentu saja Anda memerlukan cara yang efektif agar dapat melakukan kegian ini dengan cepat dan bersih.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menganti Popok Bayi

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menganti popok bayi :

1. Lokasi
Saat akan menganti popok haruslah di tempat yang membuat bayi Anda nyaman, bila mereka tidak terlalu nyaman berada di kamar mandi sebaiknya Anda mengganti popok di kamarnya. Namun pilihlah tempat yang dapat membatasi banyaknya resiko terhadap penyebaran dari kuman yang berasal dari kotoran di popok. Usahakan bayi Anda tetap diam saat Anda akan menganti popoknya, untuk menjaganya tetap diam Anda bisa memberikan mainan atau mengajaknya bercerita.

2. Perlengkapan
Penting untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum menganti popok, contohnya air hangat, matras, popok penganti, kantong plastik untuk popok kotor, handuk, dan tissue basah.

3. Tuntas
Jika bayi menangis usahakan untuk menenangkannya terlebih dahulu, bayi yang sedang menangis cenderung selalu bergerak. Anda juga harus memastikan bahwa bayi Anda sudah benar-benar selesai saat buang air. Tentu Anda tidak ingin saat Anda membersihkannya bayi Anda kembali buang air.

4. Bersih
Anda harus membersihkan sisa-sisa kotoran dengan tuntas, agar tidak ada kuman yang menempel dan menyebarkan virus kepada bayi Anda, usahakan menggunakan tissue basah sekali pakai dan juga gunakan kapas yang baru setiap kali menggunakanya. Buang tissue dan popok kotor ke dalam plastik yang ditutup rapat.

Untuk bayi perempuan, bersihkan bagian yang sensitif dari arah depan kebelakang untuk menghindari infeksi saluran kencing. Alasi bayi menggunakan matras tahan air dan perlak kain yang lembut untuk menghindari air seni jika bayi Anda buang air kecil pada saat penggantian popok.

5. Buang ke tempat tertutup
Setelah selesai menganti popok kotor dengan yang bersih. Anda juga harus membuang popok dengan baik agar kuman kotoran tidak menyebar. Anda bisa mengulung popok agar kotorannya tetap berada di dalam lalu masukan ke plastik baru kemudian di buang ke tempat sampah yang tertutup.

Namun bila Anda menggunakan popok kain usahakan membilas dan menyucinya pada saat itu juga, bila Anda tidak bisa melakukannya, Anda haruslah menempatkan popok kotor tersebut terpisah dengan pakaian kotor lainnya dan juga di tempat yang tertutup.
Yang terakhir pastikan bayi Anda bersih, keringkan sisa-sisa air menggunakan handuk lembut. Anda bisa mengulaskan baby oil atau lotion khusus bayi sebelum pemakaian popok baru untuk mengurangi resiko lecet pada kulit bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − nine =

%d bloggers like this: