4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membedong Bayi

Loading...

Di Indonesia sendiri terdapat kepercayaan yang menyebutkan bahwa bila bayi baru lahir dibedong kakinya akan lurus. Namun bila dilakukan dengan cara yang salah hal ini akan menimbulkan efek lain terhadap kaki bayi, maka hal ini harudslah dilakukan dengan teknik yang benar. Membedong juga di percaya akan menghangatkan tubuh bayi dan membuat bayi merasa masih berada di lingkungan rahim yang bersuhu hangat. Memang banyak manfaat dari meenggendong bayi namun bila melakukannya dengan keliru maka akan berbahaya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membedong Bayi

Berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membedong bayi,antara lain:

Kain yang Nyaman
Meskipun saat ini telah tersedia produk bedong instant yang akan memudahkan Anda dalam membedong bayi. Namun, kebanyakan orang tua masih menggunakan kain untuk membedong bayi. Jika Anda lebih memilih kain untuk membedong bayi, usahakan ain yang digunakan juga haruslah berbahan lembut dan menyerap keringat. Cara menggunakannya juga tidak harus benar-benar ketat sehingga menghalangi ruang geraknya. Bayi pun harus menggerakan tubuhnya agar otot dan sistem syarafnya berkembang dengan baik. Penggunaan bedong yang terlalu ketat juga akan menghambat lancarnya peredaran darah, tentu ini sangat tidak baik bagi bayi yang baru saja dilahirkan, selain itu hal ini juga akan meningkatkan resiko lebih tinggi dari infeksi pneumonia dan pernapasan.

Jangan Membedong Bayi Sepanjang Waktu
Disarankan untuk tidak membedong bayi sepanjang waktu hal ini dikarenakan bayi juga memerlukan kontak dengan kulit Anda ini berguna untuk mengatur suhu tubuh bayi, kadar hormon, pernafasan, dan denyut jantung serta akan membuat ikatan antara Anda dan bayi semakin erat
Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa membedong bayi sepanjang waktu akan membuat bayi kurang efektif memunim susu, jarang bergerak dan pada kasus tertentu akan menyebabkan obesitas karena kurangnya bergerak.

Kurang Asupan
Bayi yang selalu dibedong akan tidur lebih lama bahkan dalam keadaan sedang menyusu, yang kita tau bayi yang baru saja dilahirkan haruslah menerima asupan ASI minimal 2 jam 1 kali ini dilakukan agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Bukan hanya asupan di dalam tubuhnya, sinar matahari juga penting untuk bayi, bila bayi di bedong setiap saat tubuhnya akan menguning karena akibat dari kurangnya sinar matahari yang diperoleh.

Posisi
Sebelum membedongnya Anda harus terlebuh dahulu memastikan bahwa pinggul dan kaki bayi dalam posisi yang sejajar. Kesalahan dalam membedong bayi dapat menyebabkan dysplasia pinggul yang dapat mengakibatkan penyakit degenerasi sendi, radang sendi pinggul dan sakit kronis di kemudian hari. Setelah bayi telah mencapai usia satu bulan usia dan menjadi lebih aktif, bayi hanya boleh dibedong ketika akan tidur. Bila Anda membedong bayi lebih dari usia 3 bulan hal ini berbahaya dan meningkatkan resiko gangguan bagi perut bayi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 7 =

%d bloggers like this: