8 Mainan Untuk Anak Penderita Autis

Loading...

Tentulah tidak mudah dalam menghadapi anak yang memiliki kebutuhan khusus. Selain Anda harus memperhatikan kandungan gluten dalam makanannya, Anda juga harus memperhatikan mainan yang dimainkannya. Pemilihan jenis mainan haruslah tepat, tidak semua mainan dapat diterima dengan baik oleh mereka.

Mainan Untuk Anak Penderita Autis

Dalam memberikan edukasi lewat mainan juga sangat penting bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus dikarenakan hal ini dapat membuat anak lebih merasa percaya diri dan juga akan membuat lebih mudah berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

Berikut adalah beberapa mainan untuk anak penderita autis :

1. Balok Mainan
Balok mainan banyak tersedia di berbagai tempat bentuknya yang beragam dan warnanya juga mempunyai banyak pilihan hal ini dapat menggali sisi kreatif dari mereka, dan juga di samping itu dengan bentuk mainan yang kuat dan tidak mudah jatuh dapat memberikan rasa percaya diri kepada anak-anak berkebutuhan khusus ini.

2. Sepeda
Sepeda umumnya menjadi alat penyeimbang bagi anak, mungkin butuh waktu untuk anak bisa menyeimbangkan diri saat berada di atas sepeda, usahakan anak belajar di permukaan yang datar. Ini juga akan meningkatkan keseimbangan dan rasa percaya diri pada anak.

3. Kotak Musik
Kotak musik dapat merangsang otak anak dengan suara atau alunan musik yang dibuat dengan mengabungkan komposisi yang unik, ini akan membuat anak lebih mempunyai pengalaman tentang hal mengenal suara atau alunan musik.

4. Buku Berseri
Buku yang mempunyai gambar sangatlah efektif untuk proses belajar anak dengan kebutuhan khusus, hal ini dikarenakan anak bisa mengenal berbagai macam gambar sambil diajari untuk mewarnainya, buku yang penuh dengan warna juga bisa membuat anak lebih tertarik untuk melihatnya.

5. Trampolin
Trampolin berguna untuk kesehatan disamping itu anak-anak juga sangat menyukainya karena menyenangkan, terutapa kepada anak yang mempunyai kebutuhan khusus, umumnya anak berkebutuhan khusus memiliki sistem sensorik yang kurang seimbang. Namun saat mereka berada di atas trampolin mereka akan belajar merasakan berbagai posisi tubuh dan respon tubuh. Selain itu, menyeimbangkan dan melompat pada trampolin membantu anak mengintegrasikan berbagai sistem tubuh.

6. Busy Bug
Mainan yang satu ini sangat tidak dianjurkan untuk balita, karena bentuknya yang kecil dikhawatirkan akan tertelan secara tidak sengaja. Mainan ini sangat bagus untuk melatih kemampuan anak dalam berkonsentrasi karena mengajari kemampuan matematika dengan menggunakan serangga – serangga kecil atau juga dengan kartu flash.

7. Video Animasi
Video juga sangat baik untuk proses pempbelajaran pada anak yang menpunyai kebutuhan khusus, anak – anak bisa belajar sambil menonton dan menirukan gerakan atau nyanyian yang ada di dalam video. Ini bisa menjadi cara yang sangat menyenangkan dan menarik untuk belajar bagi anak-anak autis.

8. Hopscotch Puzzle Mat
Puzzle mat ini menjadi mainan yang bagus untuk meningkatkan keterampilan pengorganisasian, keterampilan motorik, serta keseimbangan anak. Pertama anak bisa menyusun puzzle, kemudian mulai bermain game Bermain hopscotch puzzle mat membantu anak belajar bertumpu pada satu kaki dan melompat dengan dua kaki.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − ten =

%d bloggers like this: