8 Macam Pola Asuh Agar Anak Tumbuh Cerdas

Loading...

Kecerdasan seorang anak sangat dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan sekitanya dan juga bagaimana pola pengasuhan yang di terapkan, bila Anda menginginkan anak Anda tumbuh dengan cerdas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Pola Asuh Agar Anak Tumbuh Cerdas

Mengikuti Minat
Setiap anak pastilah berbeda satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan minta dan bakat yang mereka punya alangkah baiknya bila Anda mendukung apa yang menjadi minatnya, bila perlu sesekali agar menemaninya dalam berlatih, hal ini pasti sungguh menyenangkan bagi mereka.

Jadilah model yang baik
Anak sendiri adalah peniru yang baik, maka sebaiknya sebagai orang tua Anda haruslah menjadi model terbaik dalam seluruh aspek kehidupan. Tunjukan minat yang besar dalam mengerjakan sesuatu hal ini bisa menjadi contoh agar mereka tidak menjadi pemalas. Dalam segi kesehatan Anda bisa menerapkan pola hidup sehat. Tunjukkan pula sikap menghargai serta empati kepada setiap anggota keluarga, orang lain, serta mahkluk hidup lain.

Jaga kesehatan anak
Latihan fisik juga penting dalam pertumbuhan hal juga dapat membuat sirkulasi oksigen, gula dan zat gizi bisa lancar ke seluruh tubuh terutama otak, bukan hanya itu latihan fisik juga akan memicu produksi hormon untuk sel saraf (nerve growth factor). Anak juga akan belajar dan tumbuh lebih baik jika didukung dengan fisik yang sehat.

Tingkatkan kesempatan bersosialisasi
Semua pengalaman emosional yang diperoleh anak akan mempengaruhi pembentukan jalinan antar sel-sel saraf pada otaknya. Anak butuh kesempatan bersosialisasi seluas-luasnya karena akan memperkaya pengalaman emosional anak, serta sarana untuk belajar mengekspresikan perasaannya. Semakin baik kecerdasan emosional anak, semakin baik pula penyampaian rangsang antar sel-sel saraf pada otaknya.

Bacakan aneka buku
Dengan membaca buku pengetahuan secara rutin dengan suara yang keras dan intonasi yang benar akan membangkitkan minat belajar anak, anak juga akan menyerap pengetahuan dari buku untuk menunjang minatnya. Kebiasaan membaca buku juga menanamkan ikatan batin antara Anda dan si kecil.

Seringlah bertanya kepada anak
Anak yang aktif dan cerdas biasanya cenderung mempunyai banyak pertanyaan. Sesekali ajaklah anak untuk melakukan diskusi, Anda bisa secara rinci menanyakan kegiatan apa saja yang ia lakukan hari ini, anda juga dapat mengembangkan pertanyaan Anda tentang minat dan bakat yang mereka senangi.

Beri kesempatan mengambil keputusan
Biarkan anak mengambil keputusan sendiri, mereka lambat laun akan belajar sebab – akibat dari keputusan yang mereka ambil dan juga menjadi lebih bertanggung jawab. Anak juga menjadi mudah dalam menganalisis suatu kejadian dan mempelajarinya.

Bebaskan anak mengeksplorasi lingkungan
Yang terakhir adalah lingkungan yang bisa menjadi sarana yang luas bagi anak untuk mempelajari banyak hal, dalam mengeksplorasi alam anak juga akan aktif bergerak dan meningkatkan rasa ingin tahu anak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 12 =

%d bloggers like this: