8 Cara Mengatasi Bayi Rewel Pada Siang Dan Malam Hari

Loading...

Bagi Anda para ibu, pastinya tidak ingin melihat buah hatinya menangis dan rewel sepanjang hari, memang ada saatnya bayi akan rewel dan sulit tidur. Pastinya saat itu Anda sangat merasa khawatir dan kerepotan. Banyak dari Anda yang belum tau bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel. Pada dasarnya masalah seperti ini bisa dengan mudah teratasi bila Anda tau cara yang tepat.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Pada Siang Dan Malam Hari

Berikut ini adalah 8 cara mengatasi bayi yang rewel siang dan malam hari dengan tepat :

1. Minum susu sebelum tidur
Usahakan agar perut bayi Anda dalam kondisi yang kenyang. Bila bayi Anda tidur dalam perut yang kosong maka ia akan sering terbangun dari tidurnya karena merasa haus dan lapar. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk Anda memberikan susu formula atau ASI yang cukup sebelum Anak tidur. Dalam kondisi perut yang sudah terisi maka bayi Anda akan merasa nyaman dan akan tidur dengan tenang.

2. Mengecek popok bayi
Jangan lupa mengecek popok bayi Anda sebelum tidur. Bayi akan mudah rewel dan juga menangis bila merasa kurang mendapatkan kenyamanan. Salah satunya yaitu popok yang sudah terlalu basah atau kemungkinan juga karena bayi Anda buang air besar. Oleh sebab itu pastikan dulu menegecek popok Anak sebelum tertidur.

3. Mengatur jam tidur bayi
Hal yang selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar bayi tidur dengan nyenyak adalah dengan mengatur jam tidurnya. Penyebab bayi yang rewel juga karena jam tidurnya yang kurang tepat. Sebaiknya Anda mengajak bayi Anda untuk berjalan – jalan atau bermain sebelum tertidur. Bila lelah bermain biasanya bayi akan lebih mudah mengantuk dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

4. Hindari kontak mata
Tips selanjutnya ialah menghindari kontak mata dengan bayi Anda. Dengan melakukan kontak mata pada bayi anda yang sedang mengantuk maka ia akan terjaga dan menjadi rewel. Anda harus membiarkan bayi Anda mempertahankan rasa kantuknya hingga akhirnya tertidur. Anda harus mengetahui bahwa salah satu penyebab bayi rewel adalah karena mengantuk dan ingin tidur.

5. Memandikan bayi sebelum tidur
Bayi pada umumnya memiliki kulit yang sangat sensitif dan sangat mudah iritasi, hanya terkena keringat saja maka akan timbul bercak merah dan iritasi. Oleh sebab itu sebaiknya mandikan bayi Anda sebelum tidur. Jika keadaan tidak memungkinkan Anda bisa membersihkan tubuhnya dengan kain basah yang di beri air hangat atau dengan tisue basah, dengan begitu bayi Anda akan tidur dengan nyaman tanpa rewel di malam hari.

6. Berikan teman untuknya
Bayi juga membutuhkan teman dalam hal ini anda bisa memberikan beberapa boneka yang lembut yang bisa Anda letakkan di sampingnya ketika ia sedang tidur. Terlebih bila Anda meninggalkannya untuk tidur sendiri cara ini akan membantu agar bayi Anda tidak rewel.

7. Aromatherapy
Bagi Anda orang dewasa tentunya akan sangat nyaman bila beristirahat di ruangan yang wangi, begitu juga dengan bayi Anda, pastikan ruangannya bebas dari bau tidak sedap. Anda juga dapat memberikan wewangian seperti lavender, dengan begitu bayi Anda akan tidur lebih nyenyak dan tidak rewel.

8. Berikan sentuhan
Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya ajalah memberi tepukan kecil pada pantat beberapa kali, perlakuan tersebut bisa memberikan ketenangan kepada bayi. Anda juga bisa memberikan sentuhan lembut di punggung, perut atau kening, cara ini dapat membentu agar bayi tidak rewel.
itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bayi anda yang rewel dan sulit tidur. Sebagai orang tua yang baik tentu Anda mengetahui bagaaimana mengatasinya, jangan sampai bayi Anda rewel hanya karna perlakuan yang agak salah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 3 =

%d bloggers like this: