4 Tips Membuat Bayi Tersenyum

Loading...

Senyum merupakan reflek dari bayi yang baru lahir yang terjadi karenakan gerakan yang mendominasi. Reflek adalah gerakan yang terjadi secara otomatis dan juga sesuatu yang ditimbulkan karena rangsangan yang terjadi dari luar. Gerakan tersebut akan terjadi sampai bayi berumur 2 bulan, reflek tersebut juga bisa terjadi saat bayi sedang dalam keadaan tertidur.

Happy Baby Wearing Hat ca. 1990-2000

Bila bayi sudah menginjak usia di atas 2 bulan, senyum sudah menjadi kebutuhan sosialnya, senyum juga merupakan cara bayi berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Anda dapat membuat bayi belajar senyum dan tertawa. Banyak cara yang menjadi stimulasi permainan yang membuat bayi untuk belajar senyum dan tertawa. Simak pula perkembangan bayi setelah melewati usia 2 bulan disini.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat bayi tersenyum:

1. Permainan
Banyak permainan yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda contonya saja permainan cilukba. Permainan ini sangat mudah Anda hanya perlu membuka dan menutup wajah Anda untuk merangsang agar bayi Anda tertawa. Permainan ini juga bisa dilakukan dengan beberapa benda contonya saja selimut dan bantal.

2. Suara
Suara merupakan salah satu yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi kelainan pada bayi. Disamping itu suara juga merupakan salah satu cara membuat bayi tertawa. Dengan membuat suara dengan ekspresi yang ceria akan membuat bayi Anda menirukan apa yang Anda contohkan .

3. Naik Turun
Cara ini dilakukan dengan menggendong bayi dan mengayunkan ke arah kiri dan kanan secara perlahan. Anda juga bisa melakukan gerakan berjongkok lalu berdiri sambil mengendong bayi Anda. Lebih baik jika aktivitas ini dilakukan sambil mendengarkan musik yang riang.

4. Bermain dengan benda
Banyak benda ataupun mainan yang bisa Anda gunakan untuk merangsang senyuman dari bayi Anda. Salah satunya dengan boneka, Anda bisa membuat boneka berbicara dengan cara Anda dan dihadapkan kepada bayi. Sesekali Anda juga bisa mengelitik tangan dan kaki bayi agar mendapatkan respon yang lebih baik lagi.

Dengan demikian permainan yang membuat bayi Anda menjadi lebih menyenangkan dan juga bermanfaat bagi bayi Anda untuk belajar tersenyum. Senyuman bayi yang akan membuat Anda mengobati kelelahan Anda sehingga bersemangat merawat bayi Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 1 =

%d bloggers like this: