4 Penyebab Rambut Rontok Pada Bayi yang Baru Lahir

Loading...

Menantikan kelahiran bayi menjadi momen yang paling mendebarkan sekaligus menyenangkan dalam kehidupan khususnya untuk Anda para wanita. Bayi lahir dengan kondisi kepala yang ditumbuhi rambut hitam yang lebat sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Lalu, bagaimana dengan kondisi bayi yang terlahir dengan rambut yang tidak lebat dan terlihat tipis? Kemudian dalam perkembangannya rambut halus tersebut mengalami penipisan akibat rontok. Sebagai orang tua tentu Anda ingin mencari tahu apa yang menjadi penyebab rambut anak menjadi rontok dan tidak tumbuh subur.

Penyebab Rambut Rontok Pada Bayi yang Baru Lahir

Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjadi penyebab rambut Anak menjadi  rontok saat baru lahir :

1. Trikotilomania
Trikotilomania merupakan suatu kondisi dimana hilangnya rambut sebagai akibat dari dorongan yang kuat untuk menarik-narik rambut. Trikotilomania merupakan suatu tindakan kompulsif sebagai akibat dari adanya stress emosional maupun stres fisik yang terjadi pada bayi.

2. Kondisi Tinea Capitis
Tinea capitis atau yang sering dikenal sebagai eksim pada kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi jamur. Gejala yang timbul yaitu seperti bercak bersisik atau titik hitam pada kulit kepala bayi. Kondisi ini akan menghambat pertumbuhan rambut bayi karena pori-pori rambut yang tertutup.

3. Tidur Dalam Keadaan Dan Posisi yang Sama
Jika Anda sering menidurkan bayi dalam kondisi dan keadaan yang sama, misalnya selalu mengarah ke kanan atau ke kiri secara terus menerus. Maka kebiasaan ini akan membuat rambut anak di sisi tersebut mengalami kesulitan untuk tumbuh. Oleh karena itu, sebaiknya tidurkan bayi Anda dalam posisi yang beragam untuk pertumbuhan rambut yang lebih seimbang.

4. Menurunnya Kadar Hormon Pada Bayi
Sebelum mengahadapi proses persalinan, bayi memiliki kadar hormon yang tinggi di dalam tubuhnya. Namun, ketika bayi lahir, kadar hormon pada bayi akan mulai mengalami penurunan sehingga menyebabkan rambut bayi masuk kedalam fase beristirahat, atau berhenti bertumbuh. Hal ini juga yang menyebabkan rambut bayi tidak tumbuh lebat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + eighteen =

%d bloggers like this: