Tahap Penglihatan serta Stimulasi yang Dapat Diberikan pada Bayi

Loading...

Penglihatan merupakan salah satu keterampilan yang dipelajari oleh bayi sejak ia lahir. Anda juga dapat membantu anak dengan memberikan stimulasi pada penglihatan bayi yang akan membantu dalam menggerakan bola mata, mengkoordinasi kedua mata dan memfokuskan mata. Tahap perkembangan penglihatan pada bayi pun disesuaikan dengan usianya.

Tahap Penglihatan serta Stimulasi yang Dapat Diberikan pada Bayi

Berikut ini adalah tahap-tahap penglihatan bayi yang disesuaikan dengan usianya :

Baru Lahir
Ketika dilahirkan ke dunia daya penglihatan yang dimiliki bayi memang belumlah sempurna. Kemampuannya hanya sebatas dapat melihat orang dan objek dengan jarak pandang 19,6 cm hingga 29,4 cm. Perkembangan selanjutnya terjadi pada usia 6 minggu yang mana bayi telah dapat mengenali objek yang dapat berpindah tempat. Stimulasi yang dapat Anda berikan yaitu dengan memberikan ASI yang memiliki kandungan untuk membantu penglihatan yang baik terutama jaringan saraf retina bayi.

Usia 3-5 Bulan
Di usia ini, bayi sudah dapat melihat dan fokus terhadap benda-benda yang bergerak. Kemudian ketika memasuki usia 4 bulan, bayi akan lebih sensitif terhadap cahaya. Untuk memberikan stimulasi padanya, Anda dapat merangsang bayi penglihatannya dengan membuat kamar tidurnya penuh dengan warna ceria. Selain itu, Anda juga dapat menjauhkan lampu malam agar stimulasi yang dilakukan berjalan optimal.

Usia 6-10 Bulan
Penglihatan bayi akan memasuki tahap sempurna di usia 6 bulan. Kemampuannya dalam melihat sudah jelas dan akurat untuk mengikuti objek penglihatan yang bergerak. Gerakan mata dan koordinasinya pun sudah terkontrol. Stimulasi yang dapat Anda berikan yaitu dengan mengenalkan mainan berbagai warna, mengenalkan buku cerita serta mengajaknya untuk menikmati pemandangan alam.

Usia 11-18 Bulan
Ketika memasuki usia 11 bulan bayi sudah bisa melihat benda yang bergerak dengan cepat. Kemudian di usianya yang ke 15 bulan hingga 18 bulan kemampuannya dapat berkembang dengan baik sama seperti dengan penglihatan orang dewasa. Pada usia ini Anda juga tetap dapat memberikan stimulasi dengan merangsang perkembangan mata, tangan dan tubuh bayi dengan bermain untuk menggapai objek.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =

%d bloggers like this: