6 Penyebab Kurangnya Oksigen pada Bayi yang Baru Lahir

Loading...

Oksigen merupakan unsur yang sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hirup untuk mempertahankan hidunya. Terutama pada manusia, setiap manusia tentu harus bernafas menghirup oksigen. Begitu pula pada bayi, kebutuhan oksigen untuk bayi juga harus Anda perhatikan, karena bayi yang lahir dengan keadaan kekurangan oksigen akan berakibat fatal apabila terlambat mendapatkan penanganan. Kekurangan oksigen pada bayi dapat menyebabakan anak mengalamai autisme, epilepsi bahkan cedera otak. Selain itu, anak juga akan terganggu keseimbangan dan koordinasi tubuhnya. Mungkin Anda bingung hal apa yang menyebabkan seorang anak lahir dengan kondisi kekurangan oksigen?

Penyebab Kurangnya Oksigen pada Bayi yang Baru Lahir

Berikut ini beberapa faktor yang berhubungan dan menjadi penyebab bayi lahir dengan kondisi kekurangan oksigen :

1. Penyakit yang diderita ibu hamil
Kondisi kesehatan wanita yang sedang hamil juga harus menjadi perhatian yang serius. Pemeriksaan kesehatan pada wanita hamil sangat penting dilakukan apalagi jika sudah memasuki waktu dimana sang ibu akan segera melakukan persalinan. Kondisi kesehatan ibu yang mengandung akan berdampak pada kondisi bayi yang kekurangan oksigen dan berujung pada gangguan kesehatan lainnya seperti gagal jantung, diabetes melitus atau hipertensi.

2. Tali pusat yang terbelit
Keadaan tali pusat yang terbelit akan mempengaruhi posisi bayi dan nutrisi yang akan disalurkan ke janin. Asupan oksigen pun akan ikut terhambat. Hal inilah yang membuat bayi kekurangan oksigen.

3. Tali pusat mencekik leher
Gerakan bayi yang naik turun membuat tali pusat menjadi melilit di bagian leher janin. Posisi ini akan menyulitkan janin untuk mendapatkan asupan oksigen. Oleh karena itu, sebelum memasuki fase kelahiran sebaiknya dilihat dan dipantau posisi bayi apakah bagian lehernya terlilit tali pusar atau tidak.

4. Ketuban pecah sebelum persalinan
Apabila saat usia kehamilan telah melewati waktu normal maka akan menyebabkan ketuban pecah sebelum persalinan terjadi. Kondisi ini akan berdampak pada terganggu nya plasenta karena adanya hambatan dalam pertukaran oksigen yang menyebabkan resiko hipoksia pada janin.

5.Pengaruh Obat Selama Kehamilan maupun Persalinan
Wanita yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Hal ini untuk mencegah terjadinya kekurangan oksigen pada bayi yang baru lahir.

6. Proses keluarnya bayi dari rahim
Proses persalinan yang sulit dapat menyebabkan janin terjebak di dalam rahin dan akan menyebabkan bayi kekurangan oksigen sehingga para ahli medis dituntut untuk bergerak cepat dalam penanganan bayi yang sulit keluar saat proses persalinan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + eleven =

%d bloggers like this: