3 Penyebab Bayi Mengalami Penyakit Kuning

Loading...

Bayi yang baru lahir memang seringkali mengalami gangguan kesehatan karena kondisi organ yang berlum terbentuk dan berfungsi sempurna. Salah satu masalah kesehatan yang serign muncul yaitu kondisi bayi kuning. Bayi mengalami pneyakit kuning pada rentang usia 0 hingga 3 bulan. Hal ini disebabkan oleh adanya pigmen di dalam darah yang disebut bilirubin membuat bayi terlihat kuning. Bilirubin ini sendiri merupakan hasil dari pemecahan hemoglobin yang berada pada sel darah merah. Lalu, hal apa saja yang dapat menyebabkan bayi mengalami penyakit kuning?

Penyebab Bayi Mengalami Penyakit Kuning

Berikut ini beberapa kondisi yang membuat bayi mengalami penyakit kuning :

1. Organ belum sempurna
Organ hati atau liver pada bayi yang baru lahir masih belum sempurna sehingga membutuhkan waktu penyesuaian bilirubin pada awal kelahirannya. Pada bayi yang lahir prematur seringkali mengalami kadar bilirubin yang lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan bayi yang lahir tepat waktu pada usia 9 bulan.

2. Pembentukan bilirubin yang dibentuk
Bayi yang baru lahir memiliki jumlah sel darah merah yang lebih banyak sehingga akan memecah lebih banyak sel darah merah. Kondisi ini akan memicu terjadinya kuning secara fisiologis yang merupakan kondisi normal selama tidak terjadi inkompabilitas saat lahir. Inkompabilitas ABO sendiri biasanya terjadi pada ibu yang golongan darah nya O dan bayi bergolongan darah A maupun B.

3. Terjadinya peningkatan sirkulasi enterophepatik
Sirkulasi enterophepatik ini dapat terjadi karena kurangnya ASI yang diasup oleh bayi. Kondisi ini tentu saja mempengaruhi penyerapan bilirubin yang tinggi sehingga pergerakan usus bayi mengalami penurunan.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kuning pada bayi. Jika anak Anda mengalami penyakit kuning di awal kelahirannya pastikan Anda terus memberi ASI dalam 8 hingga 12 kali dalam satu hari kepadanya. Pemberian ASI yang sering akan membantu dalam meredakan kondisi ikterik serta menurunkan kadar bilirubin. Namun, jika kondisi kuning pada bayi masih saja berlangsng untuk waktu yang lama maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengn dikter untuk menghindari kejadian maupun keadaan yang lebih buruk pada bayi Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =

%d bloggers like this: