3 Posisi yang Membuat Bayi Bersendawa

Loading...

Bersendawa di meja makan yang dilakukan oleh sebagian orang tentu menjadi suatu hal yang dianggap tidak sopan. Tak hanya orang dewasa, bayi juga seringkali mengalami sendawa. Sendawa pada bayi terjadi karena otot pada ujung saluran pencernaan menahan agar makanan maupun minuman yang dikonsumsi bayi tidak kembali lagi.

Posisi yang Membuat Bayi Bersendawa

Meskipun dianggap tak sopan, ternyata ada manfaat dari sendawa yang dialami oleh bayi antara lain memberikan kenyamanan pada perut bayi yang merasa kembung serta membantu bayi agar tidak mengalami gumoh. Lalu posisi seperti apakah yang dapat membuat bayi bersendawa?

Berikut adalah posisi yang dapat membuat bayi bersendawa :

1. Posisi tengkurap di pangkuan
Untuk membuat bayi bersendawa Anda juga dapat memposisikan bayi untuk tengkurap di atas pangkuan Anda. Topanglah dada bayi dengan tangan agar posisi kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya sembari mengelus punggungnya.

2. Posisi digendong di depan
Posisi gendong depan ini juga akan membuat bayi bersendawa. Anda dapat menggendong bayi dengan menyangga tengkuk dan bokongnya serta usahakan agar kepala bayi sedikit lebih tinggi. Anda juga dapat meletakan handuk kecil di dadanya untuk menampung muntahan

3. Posisi menghadap ke belakang
Anda dapat menggendong bayi menghadap ke belakang dengan menopangnya di atas bahu Anda. Lalu, tegakan tubuhnya dan biarkan kepala bayi baersandar di bahu Anda.  Gunakan satu tangan Anda untuk menahan tengkuk dan bokong bayi, sedangkan tangan lainnya gunakan untuk mengelus bayi sampai ia bersendawa. Untuk mencegah terjadinya muntah pada bayi Anda sebaiknya letakkan handuk kecil di bahu Anda.

Posisi diatas dapat Anda terapkan pada bayi yang baru lahir hingga yang berusia 4 bulan untuk membantu bayi bersendawa dan menghilangkan kembung pada perutnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

%d bloggers like this: