5 Tipe Tanda Lahir yang Muncul pada Wajah Bayi

Loading...

Beberapa bayi dilahirkan dengan keadaan adanya tanda lahir di beberapa bagian tubuh. Para orang tua terkadang dibuat khawatir tanda lahir tersebut akan menggangu dan mengurangi rasa percaya diri anaknya ketika tubuh dewasa nanti. Apalagi jika tanda lahir tersebut muncul di bagian wajah. Tanda lahir memang ada yang bisa hilang dengan sendirinya ada pula yang harus dilakukan tindakan untuk menghilangkannya. Lalu, sebenarnya apa saja jenis tanda lahir yang bisa muncul di area wajah anak?

Beautiful Baby Girl with Stork Bite on Upper Lip

Berikut ini adalah jenis tanda lahir yang menempel pada wajah bayi :

1. Hemangioma
Pada tanda lahir tipe ini terjadi karena pembuluh darah yang kecil dan menggumpal. Meskipun dalam waktu yang lama sekitar 9 hingga 10 tahun, hemangioma akan menghilang dengan sendirinya . Tanda lahir ini akan membahayakan anak jika muncul di sekitar mata atau mulut karena akan menggangu proses pernafasan.

2. Malformasi Vena
Malformasi Vena merupakan kategori tumor pembuluh darah yang disebabkan oleh keadaan pembuluh darah yang melebar. Tanda lahir ini akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti pipi, bibir bahkan lidah.

3. Nevi Bawaan
Nevi Bawaan atau tahi lalat akan muncul pada bagian tubuh mana saja. Nevi bawaan ini berwarna hitam atau coklat yang sebaiknya diperiksakan apabila terjadi pelebaran untuk dilakukan pengangkatan.

4. Salmon Patch
Tanda lahir dengan nama lain strok bite ini akan muncul dipermukaan kulit dengan tanda-tanda kecil yang sejajar dengan kulit wajah dan berwarna merah muda. Tanda lahir ini biasanya muncul pada bagian kening, bawah bibir, kelopak mata hingga hidung. Namun, Anda jangan khawatir karena tanda lahir tipe ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

5. Port Wine Stain
Port Wine Stain terjadi karena adanya pelebaran kapiler yang akan meningkatkan risiko glukoma jika terjadi pada bagian kelopak mata. Tanda lahir ini akan mucul dengan warna merah muda kemerah-merahan bahkan hingga beralih menjadi warna merah keunguan. Tanda lahir ini akan tumbuh dengan ukuran yang besar dan tebal pada bagian wajah meliputi bagian jidat dan sekitar mata. Jika tanda lahir Port Wine Stain ini muncul pada wajah anak Anda sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter spesialis mata dan spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan dini melalui terapi laser, pencangkokan kulit atau pembedahan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eighteen =

%d bloggers like this: