5 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuhnya Gigi Pada Bayi Baru Lahir

Loading...

Dalam keadaan normal bayi akan tumbuh gigi jika sudah menginjak usia 6 hingga 13 bulan. Namun, dalam 2000 kasus kelahiran bayi diperkirakan ada 1 kasus kelahiran bayi yang mengalami tumbuh gigi pada saat dilahirkan. Kejadian yang satu ini merupakan kasus kelainan dalam pertumbuhan dan perkembangan gigi. Munculnya gigi pada bayi yang baru lahir dalam istilah kedokteran disebut sebagai natal teeth. Kondisi natal teeth ini dapat disebabkan karena beberapa faktor. Mau tau faktor apa sajakah itu ?

Faktor yang Mempengaruhi Tumbuhnya Gigi Pada Bayi Baru Lahir

Berikut adalah faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gigi tumbuh pada saat bayi dilahirkan (natal teeth) :

1. Isolated Anomaly
Faktor ini merupakan penyebab yang paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir disertai dengan tumbuhnya gigi.

2. Sindrom Pierre Robin
Ini merupakan kondisi yang sering terjadi dan ditandai dengan rahang bawah yang sangat kecil atau disebut micrognathia. Selain itu, lidah akan cenderung mundur dan ke bawah atau menuju celah lunak di langit-langit mulut.

3. Sindrom Ellis van Crevelnd
Sindrom ini merupakan sindrom yang mewarisi kelainan dan kekerdilan. Sehingga dapat memicu terjadinya gigi tumbuh pada saat bayi baru dilahirkan.

4. Sindrom Hallerman-streif
Sindrom ini merupakan kelainan yang mempengaruhi tinggi tubuh dan bentuk kepala anak yang akan memicu tumbuhnya gigi saat anak dilahirkan.

5.Sindrom Soto
Sindrom yang satu ini akan menunjukkan kondisi yang sangat langka terjadi karena disebabkan oleh kelainan genetik. Kelainan ini akan menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada usia anak 2 tahun hingga 3 tahun di awal pertumbuhannya.

Itulah beberapa kelainan yang akan menyebabkan anak yang baru lahir mengalami pertumbuhan gigi. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir apabila anak Anda mengalami pertumbuhan gigi yang lebih dini atau terdapat warna putih yang muncul seperti akan tumbuh gigi. Kondisi ini tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjaga gigi agar tumbuh tetap bersih dan sehat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

%d bloggers like this: