4 Penyebab Balita Sulit Berjalan

Loading...

Pada kondisi normal biasanya anak sudah bisa berjalan pada usia 12 bulan. Jika anak dapat berjalan sebelum usianya menginjak 12 bulan tentu ini bukanlah suatu masalah, namun ketika anak telah mencapai usia 18 bulan dan masih belum bisa berjalan maka Anda harus khawatir dan mencari tahu hal yang menjadi penyebabnya.

Baby walking with push cart

Berikut ini adalah beberapa penyebab anak belum bisa berjalan meskipun usianya sudah melewati 12 bulan :

1. Gangguan sensoris
Keterlambatan berjalan pada anak yang berusia lebih dari 18 bulan dapat disebabkan anak yang sensitif pada kaki atau tangannya. Anak akan berjalan jinjit bahkan sering jatuh saat berdiri.Anak yang mengalami gangguan sensoris akan mengalami gangguan terhadap cahaya dan suara.

2. Kamatangan saraf
Gerakan motorik pada anak sangat ditentukan oleh kematangan saraf untuk mengatur gerakan yang akan dilakukannya. Saat lahir saraf anak memang masih belum berkembang sesuai dengan fungsinya. Namun seiring dengan pertumbuhan yang optimal dengan stimulasi yang sesuai maka kematang saraf anak akan segera dipersiapkan hingga menunjang kegiatan motoriknya.

3. Keseimbangan yang terganggu
Keseimbangan yang terganggu dapat disebabkan karena anak yang mengalami dysfunction of sensory integration (DSI) yang ditandai dengan ketakutan anak ketika melakukan aktivitas misalnya seperti saat berenang, menaiki mainan yang bergoyang atau kegiatan lainnya. Selain itu, anak juga akan mengalami kesulitan dalam memegang kepalanya ketika sedang duduk, mengalami gangguan ketika sedang beraktivitas, gerakan yang canggung atau disertai dengan keterlambatan dalam setiap aktivitasnya.

4. Kendala psikologis
Jika masalah fisik tidak mempengaruhi perkembangan berjalan anak, kemungkinan masalah psikologi yang berhubungan dengan pola asuh , trauma atau kebiasaan anak yang tidak diberikan stimulasi dapat mempengaruhi kemampuan berjalan anak. Untuk itu sebaiknya lakukan pengamatan yang dapat membantu memantau perkembangan motorik anak Anda melalui pola asuh untuk mengamati rentan waktu yang sesuai dengan kemampuan anak dalam mengembangkan gerakan motoriknya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mempengaruhi kemampuan berjalan anak, sebaiknya segera bawa anak Anda untuk melakukan pemeriksaan agar Anda mengetahui gangguan yang dialami anak serta mendaptakan solusi lain agar anak dapat berjalan dengan baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + three =

%d bloggers like this: