Tips Aman Menggendong Bayi Sesuai dengan Usianya

Loading...

Menggendong anak merupakan salah satu cara yang paling efektif dapat dilakukan para orang tua untuk mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak. Agar memperoleh hasil yang optimal, sebagai orang tua Anda perlu mengetahui cara-cara yang tepat untuk menggendong anak, terutama bayi, sesuai dengan usianya. Dalam hal ini, menggendong bayi perlu dikategorikan menurut usia bayi itu sendiri karena bayi memiliki kemampuan dan kebutuhannya sendiri berdasarkan usianya.

Tips Aman Menggendong Bayi Sesuai dengan Usianya

Menggendong bayi dengan benar dan sesuai dengan usianya akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Selain itu, resiko-resiko yang tidak dinginkan dalam menggendong bayi dapat dikurangi jika Anda sebagai orang tua telah mengetahui dan mengerti bagaimana cara menggendong bayi dengan benar. Ada beberapa fase usia yang harus Anda perhatikan saat akan menggendong bayi. Fase usia ini dianggap penting untuk Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa tips aman dalam menggendong bayi yang dibedakan berdasarakan usianya :

1.Usia 0-3 bulan
Pada usia ini, tulang bayi masih sangat rawan dan belum terlalu kuat. Untuk itu dalam menggendongnya, Anda harus benar-benar memperhatikan posisi gendongannya. Posisi yang terbaik adalah dengan membaringkannya di lengan Anda. Satu lipatan siku untuk menopang leher dan kepalanya sementara tangan yang lain untuk menopang punggung serta pantatnya.

2.Usia 4 bulan
Posisi menggendong pada usia ini hampir sama dengan cara menggendong pada fase sebelumnya. Namun, pada fase ini bayi dapat sesekali didudukkan pada pangkuan Anda dengan kepalanya bersandar di dada dan menghadap ke depan.

3.Usia 5 bulan
Bayi yang berusia 5 bulan biasanya sudah mampu menopang kepalanya sendiri. Dengan perkembangan kemampuannya ini Anda dapat menggendongnya di pinggang dengan kaki bayi yang melingkar di pinggul. Anda dapat menopang tubuhnya hanya dengan satu tangan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap bayi saat digendong dengan posisi ini.

4.Usia 6 bulan
Di usia ke 6 bulan, bayi sudah mulai berkembang baik dalam kemampuannya maupun postur tubuhnya. Menggendongnya di punggung sudah dapat dilakukan pada usia ini karena bayi sudah mulai mampu dan sempurna dalam menopang kepalanya sendiri.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + four =

%d bloggers like this: