7 Langkah Agar Anak Suka Membaca

Loading...

Selain pepatah “membaca adalah jendela dunia”, kegiatan membaca juga merupakan hal penting yang harus diterapkan kepada anak sejak kecil. Sebab, dengan membaca dapat meningkatkan stimulasi otak anak dan mengajarkan kebiasaan yang baik mereka. Namun, dalam usia anak-anak sulit untuk menyela waktu bermain mereka dan mengajaknya membaca. Oleh sebab itu, orang tua harus memiliki trik tertentu untuk menerapkan kebiasaan membaca bagi anak.

7 Langkah Agar Anak Suka Membaca

Berikut ini adalah 7 langkah penting dan mudah dilakukan untuk memupuk kecintaan si kecil pada buku :

Perlihatkan buku
Tunjukkan buku kepada bayi dengan gambar dan warna-warni yang menarik dan biarkan ia memegang sendiri. Dimulai dari sampul, gambar-gambar dan tulisan. Bahaslah warna dan bentuk yang ada pada sampul. Kemudian masuk ke sisi dalam, perlihatkan gambar-gambar serta bacakanlah dengan artikulasi yang jelas dan suara baca yang gembira dan bersemangat.

Memilih waktu dan kesempatan terbaik
Dalam tahap pengenalan bersama bayi Anda bisa memilih waktu dan kesempatan terbaik. Tentukan waktu yang paling nyaman untuk Anda dan si kecil, seperti misalnya sedang bersemangat, segar, tak mengantuk, kenyang dan antusias.

Posisi yang tepat
Posisi tepat untuk membaca buku bersama bayi adalah dengan memangkunya. Anda dapat memandunya untuk membuka halaman demi halaman bersama. Kegiatan ini akan membuat bayi sadar makna setiap kata dan rangkaian bunyi bahasa yang Anda bacakan.

Jadikan aktivitas harian bersama si kecil
Jadikan kegiatan bersama buku sebagai sesuatu yang rutin. Berbagilah buku bersama si kecil setiap hari dalam beberapa menit saja yang akan memberi manfaat untuk seumur hidupnya. selain itu, anak juga akan cinta pustaka, cerdas secara sosial dan emosional, serta kecerdasan kognitifnya pun terasah.

Membaca keras, jelas dan perlahan
Kagiatan ini akan memberikan peluang kepada bayi untuk melatih indera pendengaran, kemampuan mengingat dan keterampilannya mengucapkan kata-kata sendiri. Membaca keras dan berbicara secara perlahan dan jelas dikenal sebagai bahasa parenthese.

Lakukan dengan senang
Jika Anda ingin si kecil mengenang dan mengingat pengalaman membaca sebagai sesuatu yang mengasyikkan, lakukanlah dengan cara yang fun. Bicarakan serta bersenang-senanglah ketika membaca bersama. Nyanyikan beberapa lagu yang topiknya sama atau kerjakan permainan lain yang menyenangkan.

Perhatikan respon anak
Dari pengalamannya bergaul dengan buku, perhatikan respon yang diberikannya serta biarkan ia berimprovisasi dan bermain. Ini memberikannya peluang untuk belajar mengerti serta mengaplikasikan pengetahuan yang ia dapatkan dari buku dalam kesehariannya dan untuk waktu mendatang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =

%d bloggers like this: