Obat Tradisional Untuk Anak

Loading...

Balita sering mengalami penyakit batuk, pilek dan infeksi saluran pernafasan (ISPA) rata-rata dalam 6 sampai 8 kali setahun. Untuk mengatasinya, orang tua kerap segera memberikan obat kepada anak. Namun, dalam mengatasi hal tersebut orang tua harus mempertimbangkan untuk menggunakan antara obat medis ataupun obat tradisional.

Obat Tradisional Untuk Anak

Agar tidak terus-terusan mengkonsumsi obat-obatan medis, cobalah beberapa jenis ramuan obat dari kebun di bawah ini untuk mengobatinya :

Batuk
Daun thymian bermanfaat mengurangi rasa sakit karena kandungan minyak asiri di dalamnya yang dapat meredakan bronkus, cabang tenggorok, yang kaku serta melenyapkan dahak. Daun thymian bisa mengurangi peradangan serta bekerja melawan bakteri dan virus.
Caranya :
Campurlah 5 tetes minyak dari daun thymian dengan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari. Usapkan di dada anak untuk memberi efek hangat. Campuran ini juga dapat dioles pada sapu tangan untuk ditempelkan pada dada anak. Setelah 1 hingga 2 jam, efek pengobatan pun akan terlihat.

Pilek
Garam dapur bisa membersihkan lendir di saluran pernapasan serta bermanfaat sebagai desinfektan. Caranya dengan mengambil satu sendok teh garam dapur yang dilarutkan dalam 500 cc air hangat. Dengan menggunakan pipet, teteskan larutan garam itu kedalam lubang hidung. Posisikan anak untuk berbaring supaya air dapat mengalir dengan benar ke saluran yang tepat.

Radang Amandel Dan Ispa
Banyak minum air sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Hal ini terjadi karena kuman segera bersih tersapu air di saluran pernapasan atas. Atau Anda juga dapat menggunakan teh salbei yang juga berkhasiat sebagai desinfektan dan meringankan selaput lendir.

Sakit Telinga
Bawang merah dipercaya dapat meredakan sakit karena kandungan anti bakterial yang dapat melawan peradangan. Potong kecil-kecil satu atau dua butir bawang merah kemudian celupkan sebentar ke air panas. Masukkan potongan bawang kedalam kain bersih lantas bungkus rapat-rapat. Tempatkan di atas saluran telinga yang sakit kemudian tahan dengan penutup kepala. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari. Dampaknya merasa kurun waktu satu jam.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − thirteen =

%d bloggers like this: