Stimulasi yang Baik Sebelum Bayi Tidur

Loading...

Pemberian stimulasi yang dilakukan sebelum bayi tidur akan membuat otak semakin lebih cepat dalam menerima informasi dan penyususan memori. Hal ini sangat baik dalam masa pertumbuhan bayi, karena membiasakan otaknya untuk merespon stimulasi dengan cepat.

Stimulasi yang Baik Sebelum Bayi Tidur

Dengan membangun suasana yang tenang dan nyaman, lakukanlah beberapa stimulasi di bawah ini menjelang bayi akan tidur :

Berdoa
Walaupun bayi belum bisa melakukan kegiatan apapun tetapi ia dapat melihat, mendengar, mengenal dan mengingat. Jadi, saat Anda mengenalkan kegiatan berdoa bayi akan belajar untuk berdoa. Dengan berdoa, anak akan mengerti tentang adanya Tuhan dan bagaimana bersyukur atas rezeki yang diberikan. Selain itu, kecerdasan spiritual (SQ) bayi akan terasah dan akan membuatnya menjadi pribadi yang positif.

Menyusui
Pelepasan hormon oksitosin saat menyusui dapat meningkatkan perasaan tenang, nyaman, dan cinta untuk bayi sehingga dapat menciptakan rasa kantuk. Menyusui tidak hanya sekadar memberi makan pada bayi, namun juga mendidik serta memberi kebutuhan psikologis anak seperti menguatkan ikatan kasih sayang pada ibu, bayi dan ayah.

Bernyanyi
Bernyanyi terbukti dapat membuat bayi Anda menjadi lebih sensitif, religius dan ekpresif. Lagu-lagu yang Anda dendangkan secara teratur bisa mendorong perkembangan bahasanya. Semakin banyak kalimat dalam lagu yang Anda nyanyikan, semakin banyak kosakata yang dikenal dan diingat olehnya. Anda dapat juga mengganti lirik lagu dengan yang mudah diingat dan mengandung pesan positif.

Bercerita
Anak yang dibacakan cerita sebelum tidur memiliki perkembangan bicara dua kali lebih cepat dan lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak pernah diberi cerita.

Memijat
Pijat bayi dengan melibatkan kontak mata, kontak kulit, aroma tubuh serta suara. Pijat ini dapat merangsang banyak hal seperti produksi oksitosin, yang merupakan hormon yang memberi rasa hangat dan perasaan dicintai, merangsang saraf vagus sehingga bisa meningkatkan daya peristalsis, serta meningkatkan suplai oksigen dan aliran nutrisi didalam sel-sel tubuh.

Katakan “I love you”
Dr. Lise Eliot, Ph. D, neuroscientist asal Amerika Serikat menyampaikan bahwa tatapan sepenuh jiwa yang dilakukan oleh bayi terhadap orang tuanya adalah ungkapan awal cintanya untuk Anda. Cobalah cermati tatapannya, adakah perubahan tatapan mata setiap Anda mengatakan “I love you ”. Namun ekspresi cinta Anda kepada bayi tidak hanya dapat diungkapkan sebelum tidur, Anda dapat mengekspresikannya setiap saat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − twelve =

%d bloggers like this: