Jumlah Kebutuhan ASI Bagi Bayi Sesuai Usianya

Loading...

Kemungkinan Anda sering merasa cemas karena memiliki jumlah ASI yang sedikit sesaat setelah melahirkan. Namun jangan cemas, karena bayi yang baru lahir masih memerlukan ASI dalam jumlah yang sedikit. Seiring dengan bertambahnya umur bayi maka jumlah produksi ASI Anda pun akan ikut bertambah sesuai dengan keperluan bayi.

Jumlah Kebutuhan ASI Bagi Bayi Sesuai Usianya

Berikut ini jumlah keperluan ASI pada bayi sesuai dengan umurnya :

Bayi usia 1 hari
Di usia yang baru satu hari, bayi hanya memerlukan 5 sampai 7 ml atau satu sendok makan ASI sekali minum. Hal ini dikarenakan ukuran lambung bayi yang hanya sebesar biji kemiri.

Bayi usia 3 hari
Di usianya yang ketiga hari, bayi hanya memerlukan 22 hingga 27 ml ASI sekali minum atau sama saja dengan satu gelas takar air dalam sehari. Ukuran lambungnya yang sudah berkembang menjadi sebesar buah ceri atau anggur ukuran sedang.

Bayi usia 1 minggu
Saat sudah menginjak usia satu tahun, bayi hanya memerlukan ASI sebanyak 45 sampai 60 ml dalam sekali menyusu. Bahkan ia juga bisa menghabiskan 400 sampai 600 ml ASI atau satu sebanding dengan setengah gelas sampai dua setengah gelas takar air per hari. Di usia ini keperluan bayi bertambah lantaran ada growth spurt yang pertama.

Mencapai usia satu bulan
Di usia ini keperluan ASI bayi meningkat menjadi 80 sampai 150 ml dalam sekali minum. Di bulan pertama, bayi akan menyusu 8 sampai 12 kali satu hari atau setiap 1, 5 jam hingga 3 jam. Di usia ini, bayi akan lebih pintar menyusu dan sang ibu juga tak canggung lagi menyusui. Untuk ibu yang bekerja, inilah waktu yang tepat untuk berlatih memerah ASI.

Usia 6 bulan
Meskipun bayi telah mengenal MPASI, ia masih tetap memerlukan ASI sekitar 720 ml ASI per hari. Gunakan ASI perah untuk mengencerkan makanan padat bayi, sehingga rasanya akan sama dengan ASI.

Usia 7 bulan
Pada usia ini keperluan ASI bayi dapat mencapai 875 ml atau sekitar 93 persen dari keseluruhan keperluan konsumsi gizi anak.

Usia 12 bulan
Menginjak usia satu tahun, kebutuhan ASI bayi akan mengalami penurunan menjadi sekitar 550 ml per hari. Bayi dapat mulai mengkonsumsi makanan padat seperti makanan orang dewasa atau table food. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda berikan, maka keperluan gizinya akan tercukupi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =

%d bloggers like this: