Gangguan Pertumbuhan Anak

Loading...

Selective Mutism (SM) atau gangguan pertumbuhan pada masa kanak-kanak karena kecemasan yang terlalu berlebihan dialami oleh 6 dari 1000 anak, hampir sama banyak dengan rasio anak autisme. Tanpa penanganan yang tepat, anak dengan Selective Mutism akan menjadi sosok yang membisu di luar lingkungan yang dikenalnya.

Gangguan Pertumbuhan Anak

Non Komunikasi
Beberapa anak dengan Selective Mutism bisa berpartisipasi dalam kegiatan di kelas memakai bahasa nonverbal seperti mengangguk atau menggelengkan kepala, menunjuk, mengedipkan mata serta yang lain. Namun ada pula anak SM yang sama sekali tidak berkomunikasi baik verbal ataupun nonverbal. Ia berperilaku menghindar, tidak berkomunikasi serta berinteraksi dengan guru atau rekan sekelasnya, peragu serta tidak memiliki kemampuan untuk memulai pembicaraan.

Gangguan Kecemasan
Berbagai riset menekankan adanya hubungan antara SM dengan anxiety disorders sebagai salah satu bentuk manifestasi gangguan kecemasan berat pada anak. Sebagian besar anak dengan SM mempunyai predisposisi untuk rasa khawatir yang dapat diwarisi dari keluarga dekat. Anak dengan SM sering didiagnosis sebagai anak pemalu, autism spectrum disorder, oromotor dyspraksia atau oppositional-defiant disorder (masalah pola tingkah laku yang menentang ketentuan). Saat untuk sistem therapy terbuang percuma lantaran kekeliruan diagnosis.

Beberapa jenis terapi untuk mengatasi SM :
– Pendekatan yang berhubungan dengan penanggulangan masalah kekhawatiran serta pengobatan.
– Terapi modifikasi perilaku banyak digunakan di luar negeri dengan memakai teknik mengurangi rasa khawatir anak melalui desensitisasi, stimulus fading techniques serta positive reinforcement. Teknik-teknik ini bertujuan untuk melatih anak agar dapat berkomunikasi dengan baik dan normal. Terapi perilaku memerlukan kerja sama yang baik antara terapis, anak, orang tua, sekolah, guru serta teman kelas dari si anak. Kesabaran, kesungguhan serta ketekunan diperlukan agar bisa membuahkan keberhasilan.

Pengobatan
Obat yang sering digunakan untuk mengatasi depresi pada orang dewasa banyak dipakai di luar negeri untuk menyembuhkan anak-anak dengan selective mutism. Penyembuhan berlangsung selama 9 – 12 bulan dan biasanya pendekatan dengan pengobatan selalu disertai dengan pendekatan terapi perilaku. Terapi dengan pengobatan biasanya hanya diberikan pada pasien yang sudah remaja atau dewasa karena berkaitan dengan obat-obat antidepresan.

Orang Tua Sebaiknya
– Tak menambah kekhawatiran anak dengan memaksanya bicara atau malah menghukumnya karena tidak mau bicara.
– Bekerja bersama dengan guru dan pengasuh anak.
– Mencari bantuan profesional seperti psikolog.
– Buat persiapan si kecil untuk mengalami berbagai perubahan, terlebih saat Anda akan mengajaknya ke situasi atau tempat baru.
– Hadapi keadaan dengan lebih santai dan janganlah menyalahkan diri sendiri bila anak menderita SM.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − nine =

%d bloggers like this: