5 Fakta Respon Otak Bayi

Loading...

Menurut pakar psikolog anak, otak bayi telah didesain sedemikian sempurna. Rangkaian dan tahapan perubahan otak bayi disesuaikan dengan kebutuhannya untuk bertahan hidup di luar rahim.

Fakta Respon Otak Bayi

Di bawah ini beberapa misteri kekuatan mengagumkan mengenai otak bayi :

1. Bayi tidur tahu emosi orang tuanya
Meskipun sedang tidur lelap, bayi dapat mengetahui keadaan emosi orang tuanya. Apabila Anda ingin adu argumentasi dengan pasangan, janganlah dilakukan di dekat bayi. Sebab bayi tetap dapat mendengar orang tuanya berkelahi meskipun sedang tertidur lelap. Bayi juga dapat mengetahui situasi hati yang sedang kesal atau marah.

2. Bayi terlahir sebagai penari
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan aktif bayi pada suara musik melalui cara menggerakkan tubuh seperti menari mengikuti irama musik yang didengarnya. Penelitian lain menyebutkan bahwa bayi mempunyai kekuatan yang baik untuk menggerakkan tubuh sesuai dengan ketukan irama musik, ternyata lebih sering tersenyum dan tertawa. Sehingga semakin tinggi kemampuan bayi dalam menari, maka akan semakin murah senyum pula bayi tersebut.

3. Bayi mengerti perbincangan orang lain
Otak bayi yang berusia 1 tahun dapat memproses kata-kata hasil pembicaraan orang yang didengarnya dan mengerti maknanya.

4. Bayi dapat mengenali ritme musik
Bayi terlahir dengan kekuatan bermusik. Meskipun baru berusia beberapa hari, bayi mempunyai perasaan yang kuat untuk mengikuti irama musik yang didengarnya.

5. Bayi terlahir sebagai “tukang hitung”
Bayi yang berusia 3 bulan terbukti sudah menyadari berapa jumlah boneka-boneka berbentuk binatang yang bergantung pada mainan yang berputar diatas kepalanya. Dari hasil pemantauan pada gelombang otak bayi, ditemukan adanya pergantian bentuk gelombang otak setiap saat bayi melihat gambar binatang yang tidak sama tetapi dengan jumlah sama. Hal ini menunjukkan bayi dapat memberi tanggapan pada perbedaan jumlah benda yang dilihatnya melalui otaknya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + seventeen =

%d bloggers like this: