5 Hal yang Harus Ada Dalam NICU

Loading...

NICU merupakan singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit yang merupakan ruang khusus untuk merawat bayi baru lahir dengan sarana serta prasarana medis yang lengkap dan teknologi yang canggih. Perawatan NICU dapat mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital yang dialami bayi baru lahir, yang disebabkan oleh kelahiran prematur di rumah sakit.

Hal yang Harus Ada Dalam NICU

Berikut ini adalah beberapa bagian yang harus ada dalam NICU :

1. Inkubator
Inkubator merupakan ruang berdinding kaca yang suhunya dapat diatur agar tetap hangat. Kehangatan diperlukan bayi prematur karena beresiko mengalami hipotermi atau suhu tubuh yang rendah, akibat kurangnya jaringan lemak di bawah kulit. Selain itu, inkubator juga dapat digunakan untuk meminimalisir resiko kontak pada bayi prematur dengan orang dan lingkungan yang memiliki potensi menularkan penyakit. Pada inkubator yang mempunyai tutup, pengontrolan suhu dilakukan dari pemanas dibawah inkubator. Inkubator jenis ini dilengkapi dua lubang seukuran tangan orang dewasa di sisinya, untuk mempermudah Anda menyentuh bayi.

2. Alat Bantu Pernafasan
Bayi prematur yang mengalami sesak nafas berat disebabkan oleh paru-parunya yang belum berkembang sempurna sehingga akan dibantu menggunakan alat bantu pernafas. Dalam keadaan lain jika bayi tak dapat bernafas sendiri maka akan dipasang ventilator yang dilengkapi selang kecil untuk memasukkan udara ke dalam paru-paru. Namun, jika bayi dapat bernafas sendiri maka bayi akan diberi Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) yaitu dua selang kecil yang dimasukkan ke hidung agar udara terdorong masuk ke paru-paru.

3. Monitor
Setiap saat bayi dipantau dengan cermat dan teliti. Ada dua jenis monitornya yaitu monitor saturasi oksigen yang diikat di tangan atau kaki untuk memonitor kandungan oksigen pada darah. Dan yang kedua, monitor tanda-tanda vital yang direkatkan di dada untuk memonitor laju pernafasan, denyut jantung, suhu, serta tekanan darah.

4. Pemberian makanan
Selang dapat digunakan untuk memenuhi keperluan bayi akan cairan, obat-obatan, serta nutrisi seperti lemak, protein, zat besi, kalsium serta vitamin. Pemberian makanan pada bayi prematur dinaikkan secara bertahap berdasarkan pada perubahannya. Bila pencernaannya belum maksimal, pemberian cairandilakukan melalui continous drip atau selang yang dimasukkan ke mulut menggunakan alat pompa tekan. Namun jika bayi memiliki kekuatan menghisap, menelan, serta saluran cerna yang cukup baik, maka bayi dapat disusui langsung atau disuapi menggunakan sendok.

5. Tim yang Solid
Selain dokter, bayi dalam ruang NICU juga dirawat oleh praktisi kesehatan terlatih di bidang perawatan bayi baru lahir. Tim dengan jumlah sekitar 12 orang, terbagi dalam perawat dan fisioterapis yang membantu memantau tumbuh kembang bayi baru lahir. Jadwal kontrol dokter biasanya dua kali sehari, di pagi dan sore hari. Selain itu juga dilakukan evaluasi terhadap perawatan yang telah diberikan serta merencanakan perawatan akan dikerjakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =

%d bloggers like this: