Ajari Anak Kebiasaan Bersalaman

Loading...

Bersalaman bukan hanya sebatas menjabat tangan, namun jabat tangan menjadi bentuk kesopanan dan penghormatan yang lebih muda terhadap orang yang lebih tua. Anda tentunya sering bertemu dengan orang lain sambil mengajak anak dan meminta mereka untuk bersalaman dengan orang tersebut. Mengajarkan anak untuk bersalaman dengan setiap orang dewasa yang ditemuinya merupakan bentuk pengajaran norma yang baik pada anak sejak dini. Dengan demikian, ia akan memiliki kebiasaan bersikap sopan pada orang lain hingga ia beranjak dewasa nanti.

Ajari Anak Kebiasaan Bersalaman

Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan dalam mengajarkan anak bersalaman :

Mengatur Anak Bersalaman
Saat ingin memperkenalkan anak ke orang lain, anak malah memilih lari serta sulit diatur. Sebaiknya Anda menuntun si kecil belajar untuk bersalaman. Misalnya ikut menemani anak untuk bersalaman.

Kepada Siapa Bersalaman
Bersalaman bukan hal yang sulit untuk dilakukan, namuntak jarang anak tidak mau melakukannya. Saat Anda berkunjung ke rumah teman, keluarga, atau tamu yang tengah berkunjung ke rumah, janganlah ragu untuk memanggil anak kemudian mengajarkan mereka untuk bersalaman. Beri tahu juga bahwa dengan mengucap salam atau bersalaman di depan orang lain adalah hal yang baik.

Cara Bersalaman
Pastikan tangan anak bersih dan jangan lupa mengajarkan anak menggenggam tangan orang lain jangan terlalu keras serta menempatkan tangan di kening, hidung, atau mulut. Anda juga dapat memberi contoh bersalaman pada keluarga, kerabat, atau orang lain, karena anak akan melihat perilaku dari orang tuanya.

Anak Tak Mau Bersalaman
Memang penting mengajarkan anak untuk memberi salam dan bersalaman pada orang lain, namun bila kondisi anak sedang merasa sangat capek,makan tak perlu memaksakan. Biarkan dia beristirahat sejenak dan beri waktu berjumpa dengan tamu setelah melewati waktu istirahatnya.

Ucapkan Nama
Saat si kecil bersalaman dengan orang lain jangan lupa mengajarkannya untuk mengenalkan dirinya di depan orang lain. Ucapkan namanya dengan tegas dan sopan, serta berikanlah senyum yang manis. Dengan demikian, anak menjadi percaya diri karena saat berinteraksi dengan orang lain dan dia menjadi mudah untuk bersosialisasi.

Posisi Salaman yang Benar
Ajarkan anak untuk bersalaman dengan posisi berdiri, memandang mata orang yang diajak bersalaman serta memberi senyum. Dengan begitu berarti menunjukkan bahwa anak menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

%d bloggers like this: