Perhatikan Posisi Tidur Bayi Anda

Loading...

Melihat bayi tertidur dengan lelap merupakan kebahagaiaan bagi para orang tua. Berbagai posisi pun dilakukan bayi saat tidur. Namun, berbagai posisi seperti tengkurap, miring atau telentang memiliki efek tersendiri untuk tumbuh-kembang bayi. Berikut ini pembahasan tentang posisi tidur yang disesuaikan dengan kondisi bayi.

Perhatikan Posisi Tidur Bayi Anda

TELENTANG
Posisi ini biasa dilakukan oleh bayi umur 0-3 bulan. Posisi ini merupakan posisi paling aman karena mengingat bayi belum bisa berguling. Sejak dikampanyekan tahun 1994 di Amerika agar bayi ditidurkan dengan posisi telentang, kematian bayi yang disebabkan SIDS menyusut hingga 50%. Anda juga dapat menerapkan posisi tidur ini pada bayi jika ingin mengurangi resiko SIDS dan bayi tidak sering mengalami gumoh.

TENGKURAP
Posisi tengkurap masih menjadi perdebatan. Di satu pihak, secara statistik, SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom meninggal mendadak banyak terjadi pada bayi yang tidur dengan posisi tengkurap. Tetapi di lain pihak, ada literatur yang menyebutkan bahwa tidu dengan posisi tengkurap membuat bayi menjadi lebih nyaman, tidur nyenyak, frekuensi menangisnya berkurang, serta gerak pernapasan dan perubahan motoriknya menjadi lebih baik. Posisi tidu rtengkurap ini kemungkinan dirasa bayi berada dipelukan ibu yang hangat. Jika bayi menyukai tidur gaya ini, Anda harus memperhatikan mulut dan hidung bayi tidak tertutup sesuatu yang bisa menghambat pernapasannya.

MIRING
Miring kekanan biasanya dipilih untuk bayi prematur, terutama yang masih minum menggunakan selang atau memakai alat bantu pernapasan. Hal ini berguna agar proses pengosongan lambung lebih mudah. Ketika bayi akan dibawa pulang, pihak rumah sakit sering menyarankan agar bayi ditidurkan dalam posisi miring untuk mencegah gumoh. Anda juga dapat menerapkan posiis tidur ini pada bayi yang sering mengalami gumoh dalam jumlah yang lebih banyak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − twelve =

%d bloggers like this: