5 Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Loading...

Semua ibu tentunya ingin memiliki bayi yang sehat. Namun, beberapa alasan yang membuat kesehatan bayi terganggu yaitu kurang terjaganya kebersihan disekitar bayi. Terutama sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah dan membuatnya sangat rawan terhadap infeksi. Untuk mencegah hal itu terjadi, para ibu harus memperhatikan enam panduan menjaga kebersihan untuk kesehatan bayi seperti dibawah ini :

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

1. Membersihkan mulut bayi
Bayi memang tidak mempunyai gigi, namun bukan berarti Anda dapat meremehkan kebersihan mulutnya. Karena mulut bayi masih sangat halus dan sensitif maka dalam membersihkan mulutnya harus dengan memakai kain yang lembut. Langkah ini cukup efisien untuk mencegah infeksi jamur pada lidah bayi.

2. Membersihkan tangan
Setiap saat Anda akan menyentuh bayi, usahakan untuk membersihkan tangan. Meskipun tidak terlihat, tangan membawa beragam jenis bakteri dan virus yang dapat menyerang bayi saat Anda menyentuhnya untuk memberi makan atau mengganti popoknya.

3. Mensterilkan botol susu
Apabila bayi memperoleh susu melalui botol, sangat penting untuk mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air merupakan langkah yang tepat untuk mensterilkan botol susu. Langkah tersebut bisa membunuh sebagian besar kuman yang beresiko pada bayi. Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca.

4. Kebersihan payudara ibu
Hal ini sering diabaikan oleh ibu. Padahal tubuh yang berkeringat dan beberapa bahan kimia pada tubuh seperti minyak wangi dan deodoran dapat mencemari bayi. Sebaiknya Anda membersihkan puting susu dengan memakai kain basah dan air hangat sebelum menyusui agar bayi dari terhindar dari penyakit.

5. Mengganti popoknya
Rajin memperhatikan popok bayi akan membantunya terlindungi dari infeksi. Jangan biarkan popok bayi tidak diganti selama semalaman karena hal ini akan membuat bayi rentan terkena infeksi saluran kemih dan ruam. Gantilah popok sesering mungkin, terutama setelah bayi buang kotoran, dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh karena air seninya.

6. Memandikan bayi
Untuk hal ini Anda dapat melakukannya dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain lembut atau langsung memandikannya. Jangan biarkan keringat melekat terlalu lama pada tubuh bayi karena dapat mengakibatkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Pakai air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuhnya.

Itulah beberapa panduan paling mendasar untuk melindungi kebersihan dan kesehatan bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + fourteen =

%d bloggers like this: