Kiat Membersihkan Kuku Bayi

Loading...

Bayi yang baru lahir memiliki kuku yang cukup panjang. Meskipun tampak lemas dan hanya setebal kertas, kuku ini dapat menggores wajahnya yang masih sangat halus dan lembut. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda rutin mengontrol dan memotong kuku bayi. Menggunting kuku bayi membutuhkan strategi khusus dan harus dilakukan dengan super hati-hati. Karena bila tidak hati-hati, tidak hanya kuku, namun kulitnya juga akan ikut tergores gunting kuku.

Kiat Membersihkan Kuku Bayi

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Sebelum akan menggunting kuku
Siapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, yaitu :
– Gunting kuku atau pemotong kuku yang berbentuk penjepit
– Kapas
– Air matang
– Alkohol 70%
Sebelum akan digunakan, sebaiknya bersihkan alat potong kuku dengan kapas yang telah diberi alkohol.

Saat menggunting kuku
Gunting kuku dapat Anda lakukan setelah bayi dimandikan karena kukunya menjadi lebih lunak. Selain itu, setelah mandi biasanya ia terlelap sehingga memudahkan Anda dalam menggunting kukunya. Selain itu, pada saat tidur telapak tangan bayi akan terbuka. Meskipun biasanya pada bayi yang baru lahir jari-jarinya akan selalu menggenggam. Dalam posisi seperti ini, Anda jadi sulit untuk menggunting kukunya. Namun jangan khawatir, secara perlahan buka genggamannya dengan menempatkan ibu jari Anda di bagian luar telapak tangan bayi, sementara jari Anda yang lain masuk ke bagian dalam telapak tangannya. Bersihkan kotoran yang ada di balik kuku bayi dengan kapas yang telah dicelup air matang. Jangan sekali-kali membersihkannya dengan ujung gunting kuku.

Perlu diperhatikan
Kuku bayi sangat cepat pertumbuhannya. Maka saat Anda sedang membersihkan tubuh bayi jangan lupa periksa juga kukunya. Jangan terlalu sering memotong kuku bayi karena akan memudahkan terjadinya kerusakan pada kulit disekitar kukunya. Bila Anda takut memotong kuku bayi mintalah pertolongan pada orang lain, sambil terus belajar untuk memotongnya sendiri nanti. Selain dapat melukai bayi, kuku yang dibiarkan tumbuh panjang juga bisa menjadi sarang kotoran serta kuman penyakit. Jangan panik bila jari mungilnya sedikit berdarah. Segera bersihkan luka dengan kapas yang telah dibasahi alkohol lalu diolesi dengan obat antiseptik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =

%d bloggers like this: