Fakta Tentang Ari-ari atau Plasenta Bayi

Loading...

Plasenta atau ari-ari bayi merupakan tempat melekatnya tali pusat, ada darah tali pusat. Ada beberapa sel yang belum bermanfaat, namun ada pula beberapa sel khusus (plasticity) yang dapat berkembang menjadi sel lain.

Fakta Tentang Ari-ari atau Plasenta Bayi

Berikut ini beberapa fakta mengenai plasenta atau ari-ari bayi :

Dapat menyembuhkan penyakit
kemampuan sel punca berkembang biak melengkapi semua jaringan tubuh serta membuat sel darah merah dan putih melakukan perbaikan sel tubuh yang lebih sehat. Sel induk darah tali pusat bisa mengobati anak untuk menyembuhkan penyakit seperti leukemia, kanker limfoma serta beberapa penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, alzheimer, stroke bahkan regenerasi kulit dan jaringan pada korban luka bakar. Dan yang terbaru dan sedang hangat dibicarakan adalah penggunaannya untuk mengobati penyakit gangguan saraf motorik cerebral palsy (CP).

Menyimpan sel induk tali pusat
Darah tali pusat sangat kaya sel punca. Jika diambil dan disimpan dengan prosedur yang benar maka dapat dipakai untuk sistem transplantasi penyembuhan beragam jenis penyakit yang diderita bayi. Sel induk tali pusat dapat disimpan dalam kantong khusus dengan suhu penyimpanan yang dijaga agar tetap konstan yaitu minus 134º C dengan monitoring selama 24 jam.

Proses pengambilan darah tali pusat
Pengambilan sel punca tali pusat dilakukan setelah bayi lahir. Dengan peralatan khusus akan diambil darah sebanyak 22 cc dari tali pusat yang kemudian disimpan dikantong darah yang steril. Kemudian dilakukan uji kesterilan, jika hasilnya benar-benar steril maka sel darah akan dipisahkan dengan plasma darah, sehingga yang tersisi tinggal cairan yang mengandung sel inti. Didalam darah ini dapat diperloeh skeitar 800 juta sel induk. Ada dua sistem pengambilan darah tali pusat yaitu open system dan close system. Cara close sistem lebih baik karena tingkat sterilitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan open system karena darah tidak terkontaminasi dengan udara luar. Untuk proses tranplantasi sel induk darah tali pusat ke penerima dilakukan lewat infuse intra vena atau disuntikkan langsung ke organ yang bersangkutan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 16 =

%d bloggers like this: