6 Gerak Refleks Pada Bayi

Loading...

Meskipun baru lahir gerakan bayi sudah sangat aktif yang didominasi dengan gerakan refleks. Hal ini merupakan pertanda baik dalam perkembangan bayi, karena refleks tersebut menunjukkan bahwa bayi memiliki respon fisik yang baik.

Gerak Refleks Pada Bayi

Berikut ini merupakan 6 gerakan refleks yang dimiliki bayi baru lahir :

Refleks menghisap
Apabila bibirnya disentuh dengan ujung jari, maka secara otomatis bayi akan membuka mulutnya dan mulai menghisap. Begitu pula saat puting susu masuk ke mulutnya, ia akan segera menghisap ASI tersebut.

Refleks melangkah
Apabila badan bayi dipegang pada bagian bawah ketiaknya dalam posisi tegak dan kakinya menyentuh bagian yang datar secara otomatis bayi akan meluruskan tungkainya seolah-olah akan berdiri. Kemudia ketika badannya dimiringkan ke depan, kakinya akan bergerak seolah-olah ingin melangkah.

Refleks mencari puting (rooting)
Ketika sudut bibir dan pipi bayi disentuh oleh tangan, bayi akan segera memiringkan kepalanya ke arah datangnya sentuhan dengan mulut terbuka. Begitu juga ketika pipinya bersentuhan dengan payudara, maka bayi akan segera memiringkan kepalanya dan mengarahkan mulutnya untuk memperoleh ASI langsung dari sumbernya.

Refleks leher asimetrik tonik
Refleks ini memang agak sulit terlihat. Namun Anda tetap dapat mengamatinya dengan cara membaringkan bayi Anda, lalu memiringkan kepalanya ke kiri dan menunggu respon tangan kiri merentang lurus ke luar, sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya. Refleks ini akan terlihat saat bayi berumur 2 bulan dan akan menghilang saat usianya 5 bulan.

Refleks menggenggam (babinski)
Bila jari Anda diletakkan ditengah telapak tangan atau dibawah jari kakinya, secara otomatis bayi akan menekuk serta mengerutkan jari-jarinya untuk menggenggam atau menjepit dengan erat.

Refleks moro
Apabila Anda memukul dengan keras atau menarik alas tidurnya dan mengangkat serta menurunkan badannya secara mendadak, maka kedua tangan dan kakinya akan merentang dan menutup serta diiringi jemarinya yang menggenggam.

Peran gerak refleks pada bayi yang baru lahir memang sangat penting. Anda juga harus memerhatikan kesimetrisan gerak refleks pada bayi Anda dengan mengkonsultasikannya dengan dokter karena interpretasi pada gerak refleks hanya bisa dikerjakan oleh orang yang benar-benar ahli. Meskipun begitu, Anda dapat pula turut memonitor beberapa gerak refleks bayi dirumah sendiri agar Anda ketahui sejauh mana perubahan manfaat sistem saraf pusat serta koordinasi motorik bayi. Seiring bertambahnya umur dan perkembangan fisik serta kekuatan fungsi organ tubuhnya, beberapa refleks memang akan hilang atau berkembang menjadi gerakan yang lebih termonitor.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =

%d bloggers like this: