Gangguan Kesehatan Pada Bayi Baru Lahir

Loading...

Dalam masa atau tahun pertama kelahirannya, bayi akan kerap mengalami gangguan kesehatan dan serangan penyakit lainnya. Pada masa ini bayi sangat rentan penyakit dan orang tua harus memperhatikan dan menjaga kesehatan bayi dengan sangat intensif.

Gangguan Kesehatan Pada Bayi Baru Lahir

Berikut jenis gangguan kesehatan yang sering terjadi pada bayi baru lahir.

Ruam popok
Ruam popok merupakan penyakit yang membuat kulit bayi iritasi. Biasanya iritasi tersebut disebabkan karena penggunaan popok yang tidak benar.

Apnea
Apnea adalah penyakit dimana seseorang tiba-tiba tidak bernapas selama beberapa detik secara spontan saat sedang tidur. Bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun pada bayi yang baru lahir khususnya bayi prematur juga dapat mengalami apnea.

Sesak napas
Bayi yang mengalami sesak napas akan mengalami kesulitan saat menarik nafas atau saat bernafas akan berbunyi dan dibarengi batuk. Anda harus waspada apabila wajah bayi menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

Batuk pilek
Virus dapat menjadi pemicu penyakit batuk dan pilek dapat menyerang bayi. Segeralah bawa bayi ke dokter bila penyakit ini berlangsung hingga kemampuan minumnya berkurang atau jika tidak kunjung sembuh lebih dari satu minggu.

Kuning (jaundice)
Penyakit kuning umumnya akan membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Anda harus waspada jika warna kuning pada bayi tak kunjung hilang. Segera bawa bayi ke dokter.

Eksim susu (dermatitis atopi)
Eksim susu merupakan salah satu permasalahan kulit paling umum yang ditemukan pada bayi. Mitosnya, penyakit ini disebabkan oleh ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi yang mengakibatkan bercak merah.

Sembelit
Penyakit ini terjadi karena bayi kekurangan cairan atau disebabkan oleh pergantian makanan serta dimulainya pemberian makanan padat pertama. Waspada bila sembelit masih tetap terjadi sampai lebih dari satu bulan.

Infeksi saluran napas
Infeksi saluran napas merupakan semua bentuk infeksi yang menyerang saluran pernafasan atas atau sering disebut ISPA, bahkan juga dapat terjadi pada saluran pernafasan bawah.

Infeksi telinga tengah
Infeksi telinga tengah menyerang salah satu bagian telinga yaitu telinga sisi tengah atau daerah sekitar gendang telinga.

Diare
Virus yang biasa disebut rotavirus sering menjadi pemicu diare, di samping beberapa pemicu lainnya. Anda harus siaga bila diare ini terjadi disertai dengan darah.

Muntah
Muntah dapat terjadi karena beberapa faktor seperti bayi kekenyangan, atau terlalu banyak udara didalam lambung. Penyakit di atas memang biasa dan mungkin saja terjadi pada bayi Anda yang baru lahir sampai memasuki usia tertentu. Namun bagaimana pun penyakit yang menyerang sbeaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan dini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + thirteen =

%d bloggers like this: