Perhatikan Kesehatan Telinga Bayi

Loading...

Telinga bayi sensitif karena perkembangannya belum sempurna. Perhatikan perawatan, perlindungan serta fungsinya. Perhatian penuh terhadap kesehatan telinga bayi sangat penting, terutama mengingat bahwa sistem imun pada bayi belum sempurna sehingga sangat rentan terhadap penyakit.

Perhatikan Kesehatan Telinga Bayi

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan terkait kesehatan telinga bayi :

1. Telinga adalah “pintu” keluar masuk yang penting
Di dalam telinga ada gendang telinga atau pipa eustaschius, yang menghubungkan ruangan di sekitar tenggorokan dan hidung, dengan telinga sisi tengah. Gendang telinga merupakan jalan keluar masuknya semua jenis bibit penyakit. Inilah penyebab bayi gampang terserang infeksi saluran pernapasan dari organ hidung yang kemudian menyebabkan peradangan gendang telinga.

2. Telinga bayi harus dibersihkan
Ada asumsi bahwa telinga mempunyai mekanisme membersihkan diri sendiri, tetapi telinga bagian luar perlu dibersihkan secara teratur. Paling aman yaitu membersihkan telinga memakai kain basah. Bersihkan sisi luar telinga, sela-sela serta kulit sisi belakang. Kemudian, segera keringkan.

3. Telinga sensitif terhadap udara dingin
Udara bersih sangat baik untuk telinga, tetapi pada suhu dingin bayi akan kehilangan banyak panas tubuh melalui organ telinga. Sehingga Anda harus melindungi telinga bayi ketika membawanya keluar rumah dalam suhu dingin, atau saat bayi tidur di ruang ber-ac.

4. Screening telinga penting untuk bayi
Di Eropa, screening pendengaran menjadi standar kesehatan untuk bayi baru lahir. Dengan langkah tersebut, setiap permasalahan pendengaran bisa diterapi dalam tahun pertama, sehingga tidak mengganggu perubahan bahasa anak. Dalam screening, reaksi telinga bagian dalam diukur dengan alat khusus saat bayi dalam kondisi tidur.

5. Telinga memerlukan rangsangan suara yang aman
Untuk menyempurnakan manfaat organ pendengaran, berikan bayi rangsangan suara dari bunyi-bunyian di sekelilingnya, atau dari mainan yang berbunyi. Dengan ambang batas suara tidak lebih dari 80 desibel yang terlalu keras untuk ukuran telinga bayi

6. Herbal bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada telinga yang sakit
Jika bayi mengalami nyeri telinga berikan pertolongan pertama berupa obat herbal yang aman, yaitu bawang merah yang berkhasiat meredakan nyeri telinga. Irislah bawang merah kecil-kecil, bungkus di dalam kain bersih, selanjutnya kompreskan di bagian telinga yang sakit. Namun jika tak kunjung sembuh segera bawa ke dokter.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + eight =

%d bloggers like this: