12 Cara Membuat Bayi Tertawa

Loading...

Kalau sedang stres, anak tidaklah seperti orang dewasa yang bisa mengelola emosinya. Anak memerlukan pertolongan orang dewasa untuk dapat mengelola emosinya. Dengan tertawa, rasa stres pada anak akan berkurang dan ketika bayi tertawa sama seperti ia berolah raga. Berikut ini 12 cara yang dapat membantu para orang tua membuat anak tertawa riang.

Cara Membuat Bayi Tertawa

1. Tempatkan bayi diatas kasur, atau bila sudah bisa duduk, ajak ia bermain di lantai beralaskan karpet.
Posisikan diri Anda bertemu dengan bayi, tutuplah muka Anda sembari berkata, “Ciluk… ” lalu tahan hingga 5 sampai 10 detik. Tunjukkan mimik muka lucu saat membuka tangan kembali sambil ucapkan, “Baaa… ” Kontrol intonasi nada serta ekspresi Anda, jangan sempat mengagetkan si kecil.

2. Tiup tubuhnya
Tiup tubuhnya dengan mulut Anda yang menempel di tubuhnya dan bergerak-gerak dapat menyebabkan bunyi-bunyian serta rasa geli pada si kecil, lakukan hal ini pada perut, tangan, atau telapak kakinya.

3. Kerincingan kesayanganku!
Tengkurapkan bayi, biarkan kepalanya tegak dan melihat sekeliling. Gerakkan rattle atau mainan kerincingan di dekat telinga si kecil, biarlah ia berusaha mencapainya. Lalu, jauhkan mainan dari bayi. Kerjakan berkali-kali dari berbagai arah. Ia akan tertawa sambil berupaya menggapai dengan cara merangkak atau membalikkan tubuh, dari posisi tengkurap atau telentang.

4. Gelembung terbang
Pilihlah gelembung sabun yang terbuat dari bahan yang aman jika terkena bayi. Bila memungkinkan, buat sendiri dari shampo bayi yang tidak pedih di mata. Tiup dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan bayi sehingga pecahan gelembung tidak mengenai matanya.

5. Alunan musik
Repetisi merupakan kunci untuk membuat si kecil mengetahui dan suka pada musik. Bayi suka melihat, melakukan, serta mendengar dalam waktu bersamaan supaya mereka dapat melepas rasa kesal serta dapat mengalami serunya mencoba suatu hal. Gunakan CD lagu anak-anak atau nyanyikan lagu kesukaannya sembari mengayun tubuhnya dengan lembut di gendongan Anda. Pada akhir lagu, buat sedikit surprise dengan mengeraskan nada pada sebagian kata.

6. Halang rintang
Pakai bantal, seprei, selimut, serta boneka untuk membuat beragam variasi terowongan serta halangan untuk dilalui bayi saat merangkak. Pancing si kecil supaya ingin bergerak menelusuri ruang yang sudah disediakan dengan cara melambaikan tangan dihadapannya. Ia akan tertawa sambil mengejar Anda serta melalui apapun halangan yang ada dihadapannya. Kerjakan saat bayi telah bisa merangkak serta mengangkat badannya sendiri.

7. Berguling bersama bola
Baringkan si kecil tengkurap diatas bola senam yang berukuran sedang. Biarkan ia mengangkat kepala serta mengamati sekelilingnya. Sambil menahan bayi supaya tidak merosot, gerakkan bola secara perlahan dan lembut, ke kiri serta kanan. Umumnya ketika bola digerakkan, selain tertawa bahagia, si kecil refleks menggerakkan kaki serta tangan untuk melindungi keseimbangan. Kerjakan beberapa kali sambil bernyanyi.

8. Mengejar bayangan
Matikan lampu di kamar tidur kemudian nyalakan senter yang sudah ditempeli stiker kupu-kupu, capung atau kucing ke arah lantai. Goyangkan senter ke atas, ke bawah serta kekiri dan kekanan supaya bayangan berupa binatang tersebut seolah bergerak. Tujukan sinar senter menjauh darinya serta tujukan juga ke dinding, supaya si kecil berusaha untuk mencapainya. Supaya ruang tidak seutuhnya gelap, upayakan ada sinar yang masuk dengan sedikit buka pintu, umpamanya.

9. Cermin ajaib
Hadapkan bayi Anda ke cermin, lantas mulailah eksperimen yang akan membuatnya takjub. Ia akan mencermati sosok yang ada didalam cermin, terkesima sejenak lantas bersiaplah mendengar bayi mungil Anda tertawa terbahak-bahak saat melihat bayangan dirinya serta bayangan Anda di cermin bergerak-gerak.

10. Bermain air
Dudukkan si kecil di kursi mandi yang ditempatkan diatas bathtub atau lantai kamar mandi. Siapkan beberapa cangkir atau mangkok plastik yang berbeda ukuran. Biarkan ia bermain dengan wadah itu beberapa kali. Lalu dengan cara perlahan dengan memakai wadah yang sama, guyurkan air diatas kepala bayi serta di sekujur badannya. Si kecil bisa rasakan perbedaan banyak air yang keluar dari wadah yang berlainan. Kegiatan ini membuat bayi senang. Lakukan saat koordinasi tangan serta matanya telah berkembang.

12. Terbang melayang
Siapkan selembar tisu atau kapas, lalu bagi ke dalam ukuran yang tidak terlalu besar tetapi juga tak terlalu kecil. Tempatkan kapas atau tisu tersebut di telapak tangan Anda lalu mulailah meniupnya dari berbagai arah. Contohnya, dari arah kanan atau kiri bayi atau arah depan serta belakang bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =

%d bloggers like this: