Ragam Alternatif Pengobatan Untuk Anak

Loading...

Melihat banyaknya jenis obat yang perlu diminum anak saat ia sakit, pasti membuat Anda memikirkan, adakah alternatif lain yang dapat diberikan. Sebagian bahan makanan atau tanaman memang dapat menjadi alternatif penyembuhan untuk dia. Tetapi, sebelum memberikannya Anda harus cermat. Yang terpenting, carilah info terlebih dulu supaya lebih pas serta tak menyebabkan efek lain yang malah merugikan.

Ragam Alternatif Pengobatan Untuk Anak

1. Daun jarak untuk mengatasi kembung
Rasa tidak nyaman disebabkan perut kembung dapat menyebabkan anak menjadi susah makan, gelisah, tidak semangat bermain bahkan juga rewel. Salah satu langkah tradisional untuk mengusir perut kembung pada anak yaitu dengan memakai daun jarak.

Langkahnya yaitu dengan memakai 2 sampai 3 helai daun jarak yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak telon atau minyak kayu putih lalu dipanaskan selama 1-2 menit diatas api sampai panas merata pada semua permukaan daun. Setelah itu, Anda dapat menempatkan daun itu pada punggung atau perut anak Anda.

2. Jeruk nipis dan madu untuk mengatasi batuk anak
Madu merupakan antibiotik biostatik yang zatnya bisa mencegah serta menghalangi perkembangan organisme atau kuman didalam tubuh hingga bisa dikatakan sebagai antibiotik alami. Kandungan anti bakterinya dapat melawan mikrobakteri pemicu radang, bahkan madu bisa membunuh bakteri yang mengakibatkan infeksi pada tenggorokan.

Sedangkan jeruk nipis (Citrus Aurantifolia), memiliki kandungan minyak atsiri serta zat yang dapat mengatur otot pernafasan hingga membantu memudahkan batuk. Dengan mencampurkan kedua bahan ini, maka dahak yang menyumbat tenggorokan anak bisa lebih encer. Jangan sampai lupa untuk memilih madu asli tanpa gula tambahan serta jauhi pemakaian madu untuk anak kurang dari 1 tahun.

3. Irisan bawang dan minyak kayu putih untuk menyembuhkan masuk angin
Kombinasi kedua bahan ini bisa memberi efek hangat pada badan anak sehingga ia akan terasa tambah nyaman. Karena didalam bawang merah terdapat floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu badan. Anda dapat mengoleskan kombinasi kedua bahan ini dengan lembut pada punggung, perut atau ubun-ubun kepala balita Anda. Tidak dianjurkan untuk memakai campuran dua bahan ini ataupun bahan lain untuk mengerik badan anak. Karena, langkah tersebut justru dapat mengakibatkan kerusakan kulit pada anak, ia juga dapat trauma akibat merasa disakiti.

4. Olesan daging lidah buaya untuk kulit anak yang terluka
Waktu kulit balita terluka terkadang membubuhkan obat tetes ke kulitnya kerapkali menyebabkan rasa perih. Cobalah berikan daging daun lidah buaya pada permukaan kulit anak yang terluka. Terasa dingin serta tak menyebabkan perih di kulit anak.

Ekstrak alami lidah buaya menolong memudahkan permasalahan kulit iritasi disebabkan gigitan serangga serta kulit terbakar matahari, lantaran aloe vera mempunyai karakter anti inflamasi serta menolong pergantian kulit. Manfaat ini dibantu oleh kandungan vitamin dalam lidah buaya, yakni vitamin A, B1, B2, B6, serta B12. Luka anak ditanggung lebih cepat sembuh lantaran lidah buaya menolong mempercepat pengobatan luka lewat cara tingkatkan aliran darah pada ruang luka serta menghindar matinya sel kulit di seputar luka.

5. Daun dadap untuk menurunkan panas
Daun dadap serep memiliki kandungan zat alkaloida yang sifatnya mendinginkan serta anti radang. Daun dadap juga bersifat menyerap panas sehingga daun ini ampuh untuk meredakan demam balita Anda. Cara menggunakannya, ambillah selembar daun dadap serep lalu bersihkan dengan air. Gulung-gulung daun dadap hingga lunak. Selanjutnya tempel ke kening balita sebagai kompres. Apabila daunnya mengering, segera ganti dengan daun baru. Demikian seterusnya sampai demam anak turun.

6. Daun sirih untuk mengatasi mimisan
Asyik bermain sambil lompat kesana-kemari sering dilakukan anak. Tetapi apabila mereka kelelahan, seringkali darah segar mengalir dari hidung atau biasa disebut dengan mimisan yang memiliki kandungan zat astringent atau pengerut jaringan.

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat memakai daun sirih. Caranya, bersihkan tiga helai daun sirih sampai bersih memakai air yang mengalir. Lantas gulung ketiga helai daun sirih seperti bentuk rokok. Sebelum memasukkan ke hidung anak, posisikan anak untuk duduk tegak agak cenderung ke depan serta minta ia bernapas melalui mulut. masukkan gulungan daun sirih secara perlahan ke hidung yang mimisan. Hindari membaringkan tubuh anak untuk mencegah darah tertelan hingga membuat balita mual atau muntah.

7. Minyak kelapa untuk membersihkan kerak kepala
Banyak melakukan aktivitas kerap bikin anak keluarkan banyak keringat serta berminyak. Keadaan kulit kepala ini terkadang menyebabkan kerak-kerak seperti ketombe yang melekat di kulit kepalanya. Bila masalah ini nampak, sebaiknya Anda coba memakai minyak kelapa untuk menyingkirkan kerak pada rambutnya. Minyak kelapa kaya asam laurat, yang dibutuhkan membuat perlindungan akar rambut serta kulit kepala. Karakter minyak yang lembut dapat melembabkan kulit kepala serta helaian rambut, dan berikan konsumsi protein.

Ditambah kandungan anti-bakteri yang ada pada minyak kelapa melawan pembentukan ketombe serta gatal-gatal rambut lantaran keringat. Pada masalah yang enteng, berikan minyak kelapa atau dibagian kulit yang berkerak. Lalu pijatlah daerah itu dengan cara perlahan-lahan serta lembut. Diamkan sepanjang sebagian jam agar kerak melunak, lalu sisir rambut anak dengan cara perlahan-lahan serta hati-hati, supaya kerak yang telah lembut itu terkelupas. Kemudian cucilah rambutnya dengan air dingin serta shampo spesial anak. Gosok lembut hingga kerak di kepalanya terangkat. Kerjakan dengan cara teratur sampai kerak di rambut balita Anda menghilang.

8. Minyak sereh untuk mengatasi kulit kepala gatal
Digigit serangga atau disebabkan alergi kerap mengakibatkan kulit anak gatal-gatal. Baiknya, hindari anak menggaruk kulit yang gatal dengan tangan, karena terkecuali ada kuman di kuku tangannya, kulit dapat juga luka disebabkan garukan yang kasar.

Anda dapat mengatasinya dengan memoleskan minyak sereh untuk kurangi rasa gatalnya. Minyak sereh memiliki kandungan karakter anti-mikroba serta anti-bakteri yang bermanfaat untuk melawan kuman pemicu gatal, menyembuhkan infeksi dan mengobati luka. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam minyak sereh juga sudah dapat dibuktikan bisa mengusir nyamuk serta serangga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =

%d bloggers like this: