Waspadai Serangan Batuk dan Pilek Anak

Loading...

Bahagianya melihat anak-anak yang senang bermain serta melakukan aktivitas bersama teman sebayanya. Namun orang tua mana yang rela melihat senyum serta kegembiraannya menghilang saat tubuhnya terserang batuk serta pilek. Cermati serangan batuk serta pilek pada si Kecil, terutama saat masuk masa pergantian musim.

Waspadai Serangan Batuk dan Pilek Anak

Jangan Anggap Ringan Batuk dan Pilek
Beberapa gejala awal yang menandai batuk serta pilek anak diantaranya yaitu bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit saat menelan, pusing, tubuh pegal, telinga sakit, mual serta muntah. Walaupun anak-anak cukup sering terserang batuk pilek dalam 2-3 bulan sekali, namun tidak berarti Anda abaikan dengan harapan akan sembuh dengan sendirinya. Bila tidak ditangani dengan benar, maka bisa muncul komplikasi penyakit yang lebih kronis, seperti radang paru-paru serta pneumonia.

Apabila beberapa gejala batuk serta pilek mulai tampak, pastikan si kecil cukup istirahat serta memperbanyak mengkonsumsi cairan seperti air putih, jus buah, atau sup untuk mencegah dehidrasi. Untuk membantu meringankan beberapa gejala batuk serta pilek, Anda dapat memberi si Kecil obat batuk dan pilek bebas yang ada di apotek serta toko obat.

Gangguan Penyakit Musiman
Penyakit musiman yaitu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri serta virus yang menyerang saat ketahanan tubuh kurang baik, satu diantaranya karena dampak cuaca serta keadaan lingkungan. Penyakit musiman yang sering diderita anak-anak salah satunya yaitu demam, batuk, pilek, serta radang tenggorokan.

Apabila sakit, anak-anak cenderung rewel, lesu, lemas, serta malas melakukan aktivitas. Karena itu, kesehatan si Kecil perlu senantiasa Anda pelihara, terutama karena kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna sehingga ia lebih mudah diserang bakteri serta virus.

Pilih Obat Batuk dan Pilek untuk Si Kecil
Begitu banyak obat batuk dan pilek anak yang ada di pasaran, Anda mesti jeli memilih obat yang aman dan tepat. Cermati beberapa hal di bawah ini :
1. Tanyakan terlebih dulu dengan dokter anak sebelum memberi obat, khususnya untuk anak-anak dibawah umur 2 tahun.
2. Tentukan obat batuk dan pilek yang sesuai dengan tanda-tanda yang dihadapi si Kecil supaya ia memperoleh penyembuhan yang tepat.
3. Janganlah berikan obat batuk dan pilek orang dewasa pada anak.
4. Selalu baca label serta panduan pemakaian obat dengan cermat.
5. Berikanlah dosis sesuai saran di label atau sesuai dengan anjuran dokter.
6. Berikanlah obat memakai pipet/dropper, sendok takar, atau cup takar yang ada dalam paket obat sebagai alat pengukur yang tepat.
7. Pilih yang mempunyai rasa yang enak supaya tidak susah memberikannya pada si Kecil, seperti rasa buah-buahan agar pemberian obatnya lebih mudah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − eight =

%d bloggers like this: