Cara Mengatasi Pola Makan Anak yang Berlebihan

Loading...

Pernahkah Anda mengalami saat dimana balita Anda tidak dapat berhenti makan dalam jangka waktu yang berdekatan? Anak umur 3 tahun memang telah mengenal serta tertarik pada beraneka macam makanan. Tingkat aktivitasnya juga mulai tinggi, hingga ia memerlukan konsumsi kalori tambahan dari makanan serta minuman.

Cara Mengatasi Pola Makan Anak yang Berlebihan

Selain itu, anak juga sudah mulai memperoleh pengaruh dari rekan sebayanya, contohnya untuk mencicipi beragam makanan ringan yang baru, hingga pada akhirnya ia juga menemukan hobi yang baru juga, yakni makan dan mengunyah. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika anak ingin makan terus-menerus.

1. Ajarkan konsep kenyang
Walaupun jenis makanan serta minumannya sehat, tetapi pemberian makanan pada anak harus terus dibatasi karena suatu hal yang terlalu berlebih itu tak sehat. Kenalkan anak pada konsep kenyang. Katakan padanya, “Apakah perutnya telah merasa penuh? Bila sudah, itu berarti ia telah kenyang dan harus berhenti makan”. Kenalkan konsep ini berkali-kali, karena mungkin saja anak belum tahu. Anak yang tidak tahu rasa kenyang, mempunyai potensi tumbuh menjadi anak yang cenderung rakus serta tak mengenal rasa puas.

2. Alihkan ke kegiatan lain
Hobi makan mungkin saja adalah satu diantara langkah anak untuk menyenangkan diri saat sedih, bosan atau stres. Dalam keadaan itu, anak akan mencari kenyamanan, ketenangan serta rasa aman. Tugas orang tua yaitu mengajarkan anak bahwa rasa senang, aman, tenang serta nyaman sebenarnya bukan sekedar dapat diperoleh dari aktivitas makan saja, tetapi dapat pula dari berpelukan, mengobrol, bernyanyi, jalan-jalan atau bermain bola. Apabila Anda mempunyai kebisaan memberi anak gula-gula untuk mendiamkan tangisannya, atau memberinya kue sebagai reward apabila berbuat baik, maka cobalah untuk mengurangi kebiasaan itu. Ubah hiburan serta hadiahnya dengan bentuk lain selain makanan serta minuman.

3. Kunyah dengan benar
Salah satu yang perlu orang tua cermati saat balita makan yaitu bagaimanakah ia mengunyah. Bila ia mengunyah terlalu cepat, maka makanan yang ia telan masih dalam bentuk yang kasar. Hal tersebut akan membuat anak cepat kenyang, namun juga cepat lapar kembali. Di samping itu, karena mengunyah terlalu cepat, kemungkinan anak jadi tidak menikmati makanannya, baik itu tekstur, rasa serta aroma makanan. Tak menikmati makanan dapat juga disebut sebagai bentuk kurangnya bersukur. Jadi, sampaikan dan buat peristiwa makan yang bikin anak mengunyah lebih lambat, sehingga anak lebih menikmati makanan.

4. Berikan contoh yang benar
Banyak anak makan tanpa henti karena ia melihat contoh riil di sekitarnya, yakni orang tuanya. Bila sekarang ini Anda mempunyai permasalahan dalam hal mengontrol nafsu makan, maka kemungkinan dari Andalah anak menduplikasi kebisaan selalu mengunyah. Atasi dulu permasalahan Anda, supaya Anda dapat membantu anak. Jadilah panutan untuk anak dalam mengaplikasikan pola makan yang sehat.

5. Sediakan makanan sehat saja
Salah satu langkah mengontrol nafsu makan yang terlampau besar yaitu dengan menyediakan makanan sehat dirumah. Makanan sehat umumnya akan memberi rasa kenyang, selain itu biasanya tidak memiliki cita rasa terlalu merangsang, seperti terlalu gurih, asin atau manis, yang membuat anak “ketagihan” makan serta makan lagi. Anda dapat menyiapkan sayur serta buah-buahan yang memberi sensasi mengenyangkan serta melengkapi nutrisi, misalnya buah apel, pisang, pear atau irisan wortel rebus. Jauhi stok makanan ringan yang tinggi lemak seperti permen, kue-kue berbalut gula, atau sebaliknya makanan ringan berkalori kosong seperti aneka keripik dan kerupuk.

6. Jauhkan makanan dari jangkauan anak
Cobalah teliti rumah Anda perihal keberadaan toples makanan ringan disana-sini. Mulailah mengurangi pajangan-pajangan makanan di rumah yang mengundang selera. Ingatlah, salah satu aspek yang menyebabkan hasrat untuk makan yaitu disebabkan banyak makanan yang tersaji di depan Anda.

Semoga Bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 2 =

%d bloggers like this: