5 Bagian Tubuh Anak Yang Wajib Diperhatikan Saat Mandi

Loading...

Kadang-kadang Anda menyerahkan tugas memandikan anak ke pengasuh. Atau karena anak dikira telah dapat mandi sendiri, Anda juga lepas tangan. Walau ia telah dapat mandi sendiri, sesekali Anda perlu untuk memandikan anak. Kegiatan ini bisa memperkuat ikatan psikologis melalui hubungan seperti pembicaraan serta sentuhan. Yang juga tidak kalah pentingnya, kegiatan ini merupakan kesempatan Anda untuk memantau keadaan tubuh serta perubahan panca indera anak.

Bagian Tubuh Anak Yang Wajib Diperhatikan Saat Mandi

Beberapa bagian yang harus menjadi perhatian Anda saat memandikan anak yaitu :

1. Gigi
Menurut dokter gigi senior Jerome Mittleman, penulis buku Healthy Teeth for Kids : A Preventive Program, Pre birth through Teens, sejak anak berusia 1 tahun minimal telah memeriksa dokter gigi anak, dan mulai umur 2 tahun telah mengenalkan pasta gigi berfluoride. Sistem terjadinya karies atau gigi berlubang diawali dengan adanya plak pada permukaan gigi, dimana gula dari bekas makanan serta bakteri yang melekat berubah menjadi asam laktat, lalu berubah menjadi karies. Bila Anda melihat ada lubang berwarna coklat atau kehitaman pada gigi balita, itu karena karies yg tidak teratasi. Hal tersebut pertanda Anda butuh meningkatkan standar pembersihan gigi dengan mengontrol anak menyikat minimal dua kali satu hari, sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur, serta segera periksa ke dokter gigi anak.

Plak juga dapat mengiritasi gusi sehingga muncul radang. Mengakibatkan gusi terasa nyut-nyutan, kelihatan berwarna merah, serta bengkak. Lakukan kontrol minimal setiap 6 bulan ke dokter gigi anak sangat disarankan. Disarankan juga supaya Anda juga memperhatikan kesehatan lidah anak. Lidah merupakan tempat kegemaran mikroorganisme dimulut. masalah bau mulut atau halitosis, 80% dikarenakan bakteri yang tumbuh subur disana. Langkah membersihkan lidah yaitu memakai sikat lidah atau sikat gigi yang di beri sedikit pasta gigi. Lakukan dengan gerakan lembut, dari arah dalam menuju luar.

2. Telinga
Untuk Anda yang buah hatinya hobi berenang, segera cek telinga balita. Pasalnya anak yang hobi berenang mempunyai resiko lebih besar terserang penyakit radang telinga luar atau otitis eksterna. Saat anak berenang, besar kemungkinan lubang telinganya kemasukan air hingga menjadi lembap serta mempermudah bakteri untuk berkembang biak. Gejalanya, anak sering menggaruk telinga dan munculnya cairan. Apabila infeksinya fatal terjadi, pendengaran anak dapat terganggu. Solusinya yaitu dengan meminta anak memakai penyumbat telinga saat berenang.

Yang juga sering berlangsung pada anak usia balita yaitu infeksi telinga tengah (otitis media). Hal ini terjadi sesudah anak menderita radang tenggorokan serta bakteri atau virus masuk ke telinga tengah melalui saluran Eustachius hingga mengakibatkan lendir menumpuk di belakang gendang telinga. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu mengompres handuk hangat di bagian luar. Tetapi, sebaiknya bawa balita ke dokter spesialis telinga anak untuk memperoleh perlakuan lebih terarah.

3. Organ genital
Memandikan balita merupakan momen emas untuk berdiskusi serta memberikan nasehat tentang organ pribadinya yang tidak boleh diumbar dan disentuh oleh orang asing, sampai edukasi seks paling simpel. Selain itu Anda dapat mendeteksi dini apabila ada keganjilan pada alat kelaminnya. Pada anak laki-laki, kelainan yang mungkin saja berlangsung yaitu masalah penis kecil (mikropenis), penis tak nampak (buried), serta lubang terdapat dibagian bawah (hipospadia). Apabila kelainan ini terjadi maka segera bawa balita ke spesialis urologi anak.

Sedangkan pada perempuan, ada baiknya Anda meminta anak buang air kecil sembari mengecek celana dalamnya. jika ada keluhan waktu buang air kecil sakit, alat kelaminnya gatal atau berwarna kemerahan, celana dalamnya berbau serta seperti ada cairan bening, nampaknya anak terserang vulvovaginitis atau infeksi di bagian vagina. Segera berobat ke dokter anak.

4. Pusar
Kulit pusar sangat tipis serta letaknya didalam, hal ini menjadi markas yang paling disukai jamur serta bakteri untuk berpesta. Keringat, sabun, serta beberapa zat lain yang masuk ke pusar berisiko membuat tumbuh kembang bakteri semakin cepat sehingga bisa menyebabkan peradangan. Bila Anda mendapatkan pusar anak berwarna kemerahan, bengkak hingga mengeluarkan bau tidak sedap, selekasnya berobat ke dokter anak. Mungkin saja anak terserang infeksi bakteri atau jamur.

Margaret Grell, M. D, dokter spesialis anak dari Joe DiMaggio Children’s Hospital di Hollywood, Florida, AS memberi panduan untuk membersihkan pusar. Gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan air hangat, selanjutnya usapkan ke sekitar pusar serta daerah sekelilingnya dengan lembut. Ulangi sekali lagi dengan memakai cotton bud kering untuk mengelap cairan yang tersisa di pusar, hingga benar-benar kering.

5. Rambut
Rekomendasi keramas 2-3 kali satu minggu pada anak memang dikeluarkan oleh beberapa organisasi kesehatan, American Academy of Dermatology satu diantaranya. Tetapi untuk anak yang sangat aktif, seperti sering melakukan olahraga outdoor ataupun berenang, keramas dapat dilakukan setiap hari sampai dua hari sekali dalam satu hari. Amy Button, ahli rambut dari La Sabrina Hair Design, untuk anak laki-laki dan perempuan yang memiliki rambut pendek, potong rambut minimal dikerjakan setiap 2 atau 3 bulan sekali. Sementara untuk anak perempuan memiliki rambut panjang, baiknya setiap 6 bulan. Amy juga memberikan supaya rambut balita pertumbuhannya tetap sehat, dalam satu tahun rambut anak harus ditrim –dipotong sedikit secara teratur- sekurang-kurangnya 4 bulan sekali.

6. Kulit
Beberapa masalah kulit yang sering menerpa anak-anak adalah eksim dan kurap. Jika waktu memandikan anak, Anda melihat kulitnya kering, pecah-pecah, dan ia sering mengeluh gatal, mungkin saja ia menderita eksim, yang popular dengan sebutan dermatitis atopik. Eksim umumnya merupakan permasalahan genetik dan sering diidap anak yang alergi. Langkah untuk meminimalisirnya yaitu dengan menjaga kelembapan kulit, memakai krim pelembab untuk kulit kering anak, tidak mandi air panas, serta meninggalkan bahan-bahan kimia yang sifatnya mengiritasi seperti sabun dan detergen.

Sementara kurap adalah infeksi jamur, yang berkembangbiak di kulit mati, rambut, serta kuku. Kurap berupa ruam bersisik yang sangat gatal seperti cincin dengan batas berwarna merah, serta lama kelamaan menyebabkan nyeri. Biasanya perlu waktu beberapa hari untuk krim anti jamur bisa bekerja maksimal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =

%d bloggers like this: