Imunisasi Tambahan yang Penting Bagi Anak

Loading...

Tidak hanya untuk kesehatan diri, namun juga untuk kesehatan anak. Imunisasi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk melindungi kesehatan anak, supaya ia terlepas dari bermacam penyakit infeksi. Sekarang ini pemerintah sudah menyediakan Imunisasi Dasar untuk anak yang terbagi dalam Imunisasi BCG, Polio, Hepatitis B, DPT, Hib, serta Campak.

Imunisasi Tambahan yang Penting Bagi Anak

Tetapi ada pula sebagian Imunisasi Tambahan yang direferensikan IDAI supaya diberikan pada anak, sebagai usaha perlindungan anak dari beberapa penyakit yang lain. Imunisasi dasar saja tidak akan memenuhi keperluan anak Anda. Berikut 9 imunisasi tambahan yang dibutuhkan supaya anak terlindungi dari beragam penyakit.

1. Influenza
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari sebagian tipe virus influenza. Diberikan satu tahun sekali sejak umur 6 bulan. Bisa selalu diberikan sampai anak tumbuh dewasa. Untuk umur diatas 2 tahun, vaksin dapat diberikan dalam bentuk semprotan pada saluran pernafasan. Harga vaksin ini sekitar Rp. 200. 000an.

2. Hib (Haemophilus influenzae)
Pemberian vaksin ini dapat melindungi tubuh anak dari virus Haemophilus influenza tipe B, yang dapat mengakibatkan meningitis atau radang selaput otak, pneumonia atau infeksi paru, serta epiglotitis atau infeksi pada katup pita suara dan tabung suara). Diberikan pada umur 2, 4, 6, serta 15 -18 bulan. Vaksin dapat diberikan secara terpisah atau gabungan. Harga vaksin ini berkisar Rp. 275. 000an.

3. Pneumokokus (PCV)
Pemberian vaksin ini dapat melindungi tubuh anak dari bakteri pnemukokus yang dapat mengakibatkan meningitis, pneumonia, serta infeksi telinga. Diberikan mulai usia 2 bulan dengan interval dua bulan sebanyak 3 kali, yakni pada umur 2, 4, 6 bulan, dan pada 12 – 15 bulan. Apabila Anda belum memberikannya sampai umur anak diatas 1 tahun, PCV hanya diberikan dua kali dengan interval 2 bulan. Apabila umur anak telah memasuki usia 2 – 5 tahun, PCV cuma diberikan 1 kali. Harga vaksin sekitar Rp. 550. 000an.

4. Hepatitis A
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari virus Hepatitis A, yang mengakibatkan penyakit hati. Diberikan diatas umur 2 tahun, dua kali dengan interval 6 – 12 bulan. Harga vaksin ini sekitar Rp. 350. 000an.

5. MMR (Measles, Mumps, Rubella)
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari virus campak, gondongan serta rubella yaitu campak Jerman. Diberikan pada umur 15 bulan, diberikan lagi saat anak berumur 6 tahun. Dapat diberikan pada usia 12 bulan apabila belum mendapat imunisasi campak di umur 9 bulan. Harga vaksin ini berkisarĀ Rp. 180. 000.

6. Tifoid
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari bakteri Salmonella typhi yang mengakibatkan demam tifoid atau tifus. Diberikan pada umur diatas 2 tahun serta diulang setiap 3 tahun. Ada dua tipe vaksin, yaitu vaksin oral dan vaksin suntik. Tifoid oral diberikan pada anak diatas 6 tahun. Harga vaksin ini kira-kira Rp. 200. 000.

7. Rotavirus
Pemberian vaksin ini dapat mencegah diare berat pada bayi yang disebabkan Rotavirus yang merupakan pemicu umum gastroenteritis akut atau peradangan lambung dan usus halus yang disebabkan zat beracun dari bakteri atau infeksi virus pada bayi serta anak-anak. Pemberian vaksin ini akan mencegah terjadinya muntah-muntah serta diare berat. Vaksin ini ada 2 tipe, yakni yang didapatkan sebanyak 2 kali atau 3 kali ketika anak berumur 2, 4 serta 6 bulan. Harga vaksin ini kurang lebih Rp. 350. 000.

8. Varisela
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari penyakit cacar air, diberikan pada anak saat usianya diatas 1 tahun, tetapi lebih baik diberikan sebelum masuk sekolah dasar. Harga vaksin ini kurang lebih Rp. 400. 000an.

9. HPV (Human papiloma Virus)
Pemberian vaksin ini dapat melindungi dari Human papiloma Virus yang mengakibatkan kanker mulut rahim. Diberikan pada anak diatas umur 10 tahun sebanyak 3 kali dengan jadwal 0, 1-2 bulan kemudian saat berusia 6 bulan kemudian. Harga vaksin ini sekitar Rp. 650. 000.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − ten =

%d bloggers like this: