Gangguan Kulit Balita

Loading...

Ketika anak sedang aktif-aktifnya bereksplorasi dengan melakukan berbagai kegiatan baik itu di ruangan maupun luar rumah menyebabkan anak menjadi sering berkeringat serta harus mengganti pakaian sampai lima kali dalam satu hari. Tujuannya jelas untuk melindungi kesehatan kulitnya. Menurut Bernard Cohen, M. D, direktur ilmu kesehatan kulit anak dari Johns Hopkins Children’s Center, kulit merupakan organ yang bertindak sebagai pertahanan pada bermacam elemen yang mengancam badan mulai dari cahaya matahari sampai bakteri.

Gangguan Kulit Balita

Di bawah ini beberapa masalah kulit yang seringkali menyerang balita.

1. Kulit kering
Kulit kering atau dermatitis sering disebabkan oleh alergi atau efek dari iritasi. Masalah kulit ini sangatlah mengganggu karena membuat anak terasa gatal serta memiliki kulit yang kasar. Ciri yang ditimbulkan yaitu kulit bercak-bercak, adanya bintik-bintik kecil di kulit, dan kulit terasa kasar.

Penanggulangannya yakni dengan menghindari terlalu sering memandikan anak dengan air panas karena akan semakin mengurangi kelembaban kulitnya. Apabila kulit bayi kemerahan, berdarah, serta tak membaik segera hubungi dokter.

2. Eksim
Eczema atau yang dikenal eksim merupakan satu diantara bentuk peradangan pada kulit. Eksim dapat disebabkan oleh beberapa aspek seperti lingkungan yang dingin dan kering, begitu juga beberapa makanan pemicu alergi seperti susu dan telur, genetik, serta stres yang dialami. Salah satu penelitian dari Technical University di Munich, Jerman menyampaikan bahwa anak yang stres disebabkan orang tua yang bermasalah mengalami penambahan resiko terserang eksim sampai tiga kali lipat sepanjang dua tahun berikutnya. Cirinya yakni muncul rasa gatal-gatal dibarengi dengan kulit yang memerah, kering serta pecah-pecah.

Untuk menyembuhkan eksim, lebih diutamakan untuk menghilangkan rasa gatal supaya tak berlangsung infeksi. Berikan cream pelembab atau salep yang memiliki kandungan kortikosteroid (anti radang) seperti hydrokortison untuk mengurangi sistem peradangan sesudah mandi supaya kulit menjadi lebih lembab. Bila peradangan berlanjut segera konsultasikan ke dokter.

3. Panu
Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Malasesia. Masalah ini dapat muncul apabila pakaian balita lembab karena keringat atau tidak benar-benar kering setelah mandi. Jamur pada kulit menjadi tidak normal saat jamur bermunculan di permukaan kulit serta menimbulkan masalah.

Ciri paling jelas dari panu yaitu timbulnya bercak putih yang terasa gatal serta paling sering muncul di area lipatan seperti leher, lengan, paha bagian dalam dan ketiak. Penyembuhan panu memerlukan waktu dan tak bisa asal-asalan memakai obat. Pakai salep atau cream antijamur sesuai dengan anjuran dokter.

4. Darah manis
Istilah penyakit darah manis atau prurigo adalah istilah yang dipakai untuk penyakit gatal-gatal. Penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak laki-laki dibanding anak perempuan. Dapat pula disebabkan karena faktor keturunan.

Ciri anak dengan keadaan ini mempunyai kulit yang cenderung hipersensitif, kering serta mudah gatal. Saat digigit serangga, akan terasa gatal luar biasa serta saat terkena garukan, lukanya akan cepat membentuk luka dan bekasnya sulit untuk dihilangkan. Penanggulangan yang dapat dilakukan saat anak terasa gatal yaitu dengan segera mengusapkan minyak kayu putih untuk mengurangi rasa gatal pada kulit balita. Jagalah supaya lingkungan terus bersih, dan apabila luka tidak kunjung sembuh selekasnya ke dokter.

5. Biang keringat
Biang keringat terjadi karena terjadinya sumbatan kelenjar keringat pada permukaan kulit balita. Masalah ini dapat terjadi apabila balita berkeringat terlalu berlebih. Tidak hanya di musim panas, saat suhu udara dingin juga balita mempunyai kemungkinan terserang biang keringat.

Cirinya kulit terasa panas lalu dikuti timbulnya bintil merah berair. Terkadang disertai dengan kulit yang terlihat kemerahan. Umumnya terjadi dibagian lipatan leher, lengan, paha, lutut serta ketiak. Penanggulangannya dapat dilakukan dengan menhindari memakainkan baju yang ketat pada balita, pantau garukan balita dan pastikan balita mandi dua kali satu hari. Beri bedak dingin, lotion atau salep yang memiliki kandungan zinc oxide.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

%d bloggers like this: