11 Manfaat Asi Bagi Balita

Loading...

Air Susu Ibu (ASI) adalah hal yang paling penting dalam masa pertumbuhan anak.  Selain kaya akan manfaat, memberikan asi juga dapat memberikan kedekatan lebih bagi ibu dan sang anak. Nyatanya ada 11 manfaat pada ASI untuk balita.

Manfaat Asi Bagi Balita

Berikut ini ulasannya untuk Anda.

1. Otak
Menurut banyak riset yang telah dilakukan (satu diantaranya penelitian pada 3500 bayi ASI di Brazilia), IQ balita yang mengkonsumsi ASI lebih tinggi dibandingkan balita yang tidak memperoleh ASI. Selain itu, hubungan interaktif ibu dan anak selagi menyusui memberi stimulasi untuk kecerdasan anak yang berupa kecerdasan intelektual, sosial, emosional, bahasa, musikal dan lain-lain.

2. Telinga
Fungsi pendengaran anak lebih baik serta cenderung terlepas dari infeksi telinga. Untuk anak yang mempunyai kelainan pendengaran kongenital atau kelainan pendengaran sejak lahir akibat disusui maka ibunya menjadi lebih siaga sehingga anak bisa ditangani sejak awal.

3. Rambut
Sampai umur anak 2 tahun, ASI masih tetap menyediakan 95% konsumsi vitamin A untuk keperluan sel epitel kulit serta rambutnya. Kandungan 60% vitamin C pada ASI dapat membuat rambut balita menjadi lebih sehat.

4. Tulang
Kandungan kalsium ASI menjadi sumbangan besar untuk perkembangan serta kemampuan tulang anak.

5. Mata
Vitamin A didalam ASI menyumbang 75% pada kesehatan retina, sehingga penglihatan balita menjadi lebih tajam, dapat melihat dalam pencahayaan rendah dan bisa mengidentifikasi berbagai macam warna.

6. Gigi
Keperluan fase oral balita ASI tercukupi dengan baik melalui aktivitas menyusui, sehingga ia tidak mengemut jari yang bisa mengganggu bentuk rahangnya.

7. Kulit
Vitamin A serta vitamin C pada ASI membuat kulit balita menjadi sehat dan cemerlang.

8. Berat tubuh ideal
Resiko obesitas balita yang kecil, dikarenakan konsumsi nutrisi ASI sesuai keperluan. Balita akan berhenti menyusu secara otomatis saat ia merasa cukup serta tidak ada istilah “takaran sekali minum”.

9. Tungkai
ASI memiliki kandungan oksitosin untuk mengurangi nyeri saat anak memar ataupun terluka.

10. Sistem imun
Komposisi ASI berubah dari waktu ke waktu, contohnya pada minggu pertama kaya kolostrum yang baik untuk pencernaan, kemudian minggu selanjutnya komposisinya akanmengikuti keperluan anak. Saat anak berumur 1, 5 sampai 2 tahun, komposisi ASI berperan untuk ketahanan tubuhnya, bukan befungsi sebagai makanan lagi.

11. Indera pengecap
Konsumsi zat besi yang pas dan berkualitas pada ASI mudah diserap tubuh dan membuat lidah balita sehat, sehingga indera pengecapnya memiliki fungsi yang baik, siap dan balita menjadi lebih senang makan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

%d bloggers like this: