Tentang Dehidrasi Pada Bayi

Loading...

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang berhenti minum atau kehilangan banyak cairan akibat diare, muntah, berkeringat atau berolahraga. Asupan kurang cairan dapat menyebabkan kram otot. Meski dehidrasi dapat terjadi pada siapa pun, risiko dehidrasi lebih besar terjadi pada bayi dan anak.

Tentang Dehidrasi Pada Bayi

Beberapa alasan mengapa dehidrasi lebih rentan terhadap bayi & anak :
– Kebanyakan tubuh bayi dan anak yang berkembang membutuhkan cairan
– Bayi & anak memiliki metabolisme yang lebih tinggi sehingga menggunakan lebih banyak cairan
– Bayi & anak rentan dengan sakit-penyakit dengan gejala muntah dan diare jauh lebih besar dibandingkan orang dewasa.
– Bayi & anak biasanya tidak suka minum apabila sedang sakit.

Ketika anak Anda sedang sakit yang menyebabkan muntah, diare dan demam tinggi, beberapa gejala dehidrasi akan segera nampak dan berangsur memburuk ketika tidak ditangani dengan tepat. Berikut beberapa gejala yang harus Anda waspadai :
– Mulut dan mata akan kering tifak seperti biasanya
– Urin akan gelap
– Perasaan capek, malas dan lemas

Dehidrasi merupakan sesuatu yang sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat. Tak hanya gejala yang parah, pada dehidrasi berat ancaman kematian pun dapat terjadi. So, sebagai orangtua, selalu perhatikan asupan cairan pada anak terutama ketika ia sedang sakit. Memperhatikan sakit tanpa memikirkan dehidrasi yang timbul dapat membawa malapetaka. Jika kondisi tidak bertambah baik, segera bawa anak ke rumah sakit. Infus merupakan salah satu solusi untuk mengatasi dengan cepat dehidrasi yang parah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 3 =

%d bloggers like this: