6 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak

Loading...

Kreativitas anak dimulai dari cara mereka berpikir dan menyelesaikan masalah kecil. Tantangan harian yang membuat pemahaman dan pengertian berbagai macam hal, termasuk keberanian pada lingkungan akan membuat anak lebih percaya diri. Ada berbagai cara untuk mengembangkan kreativitas pada anak, sebagaian besar dapat diapplikasikan pada keseharian dengan mudah.

6 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak

1. Berikan anak pilihan simpel, seperti apa yang mereka pilih untuk makan atau kemana mereka ingin pergi ketika hari libur. Hal ini akan membuatnya berpikir secara mandiri. Melatih pikiran merupakan faktor penting dalam membangun kreativitas.

2. Berikan beberapa benda yang dapat memacu imajinasinya, seperti peralatan melukis, bloks, buku dan kerajinan tangan yang membuatnya bebas berkreasi.

3. Ajarkan Hal Yang Berbeda. Melatih otak dengan mengandaikan sesuatu, seperti botol yang bisa menjadi menara atau pot. Jika anak sedang melakukan pengandaian, puji mereka atas kreativitas tersebut.

4. Libatkan dalam cerita. Mulailah dengan sebuah cerita, kemudian biarkan anak bergiliran juga membuat ceritanya sendiri. Lanjutkan dengan sebuah imajinasi yang tidak biasa. Karena itu hanyalah sebuah cerita karangan, imajinasi menjadi tidak terbatas.

5. Lakukan pretend play. Pretend Play adalah saat dimana anak menirukan sesuatu atau seseorang. Anak bisa melakukan pretend play sebebas-bebasnya untuk mengasah kreativitas dan imajinasinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − eight =

%d bloggers like this: