Awas, Ini Sakit Punggung Tak Biasa Ketika Hamil

Loading...

Wanita yang hamil identik dengan sakit pada bagian punggung seiring dengan semakin membesarnya bagian perut. Pada ibu yang sedang hamil kembar (dua atau lebih), peluang sakit punggung akan semakin besar. Obesitas dapat menjadi aspek resiko dalam menambah sakit di punggung bagian bawah selama kehamilan, walau kesimpulan itu masih harus diuji lebih lanjut.

Awas, Ini Sakit Punggung Tak Biasa Ketika Hamil

Sakit punggung memanglah penyakit yang umum diderita ibu hamil, walau demikian terdapat banyak tanda-tanda sakit punggung yang perlu diwaspadai ibu hamil. Beberapa gejala itu yaitu :

– Bila sakit punggung terasa sangatlah menyakitkan, berlangsung terus-menerus, makin lama makin parah, atau apabila diakibatkan oleh trauma (benturan) atau disertai dengan demam.
– Bila Anda tak dapat merasakan salah satu atau kedua kaki, atau Anda tiba-tiba merasa tak terkoordinasi atau lemah.
– Bila Anda tak dapat merasakan stimulan dibagian pantat, daerah selangkangan, ruang genital, atau anus yang membuat Ibu susah untuk buang air kecil ataupun buang air besar, atau sebaliknya, malah membuat inkontinensia (ketidakmampuan untuk mengontrol saat buang air kecil atau buang air besar).
– Bila Anda mengalami sakit di punggung sisi bawah pada akhir trimester ke-2 atau ketiga. Ini dapat jadi sinyal kelahiran prematur, terutama bila Anda tak pernah mengalami sakit punggung sebelumnya.
– Bila Anda menderita sakit di punggung sisi bawah atau dibagian samping dibawah tulang iga, baik di salah satu mapun di kedua sisi badan. Ini dapat jadi sinyal ada infeksi ginjal, terutama bila Anda mengalami demam, merasa mual, atau ada darah di urine.

Bila Anda mengalami tanda-tanda sakit punggung yang wajib diwaspadai ibu hamil, selekasnya beritahu dokter kandungan atau bidan untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =

%d bloggers like this: