Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Loading...

Anak mengompol? Ah, itu sih persoalan klasik yang sudah terjadi sejak zaman dahulu kala. Ketika Anda sudah memutuskan untuk ‘melepas’ ketergantungan pada diaper, anak Anda pasti akan mengalami episode mengompol. Nah, orangtualah yang harus cerdas menghadapinya. Anda akan melihat beberapa cara dan tips untuk menghadapinya pada artikel kali ini.

Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Janganlah minum berlebihan
Anak yang masih gemar mengompol janganlah dibiarkan minum terlampau banyak mendekati tidur. Dikarenakan, minum air atau susu terlampau banyak mampu menambah durasi pencernaan air menjadi urin. Oleh sebab itu, aplikasikan peraturan waktu terakhir minum minimal satu jam sebelum saat waktu tidur.

Pakai alarm
Cari info saat pipis anak, dan pakai alarm di jam itu. Dengan demikian, si kecil dapat segera terbangun buat ke kamar mandi. Langkah ini bisa saja awalnya dapat mengganggu jam tidur anak, namun jangan sampai menyerah, seiring berjalannya waktu ia juga akan terbiasa.

Hadiah
Iming-iming hadiah dapat menjadi pilihan terakhir yang bisa Anda kerjakan, akan tetapi tidak butuh yang mahal dan merepotkan Anda. Contohnya satu mangkok es krim setelah usai makan siang, atau waktu ekstra menyaksikan acara televisi di hari sekolah.

Komunikasi
Waktu memakai piyama dan popok baru pada anak, sempatkanlah buat membangun komunikasi membicarakan rutinitas mengompolnya tersebut . Dapat dengan mengemasnya melalui sebuah dongeng, pengalaman lucu Anda pada waktu kecil, dan lain-lain. Dikarenakan, kalau langkah penyampaian Anda baik, jadi anak juga gampang mengerti kemauan dan harapan dari orang tua.

Periksa kesehatan
Apabila ketiga cara diatas tidak juga memperlihatkan hasil sepanjang tiga hingga enam bln., dan anak Anda masih mengompol. Cobalah kerjakan pemeriksaan kesehatan buat menyikapi seandainya anak terjangkit penyakit seperti diabetes atau masalah pada saluran pipis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

%d bloggers like this: